Mei 16, 2018

Surat Suara Pilbup PPU Selesai Dicetak


PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID-Pencetakan surat suara pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah selesai dicetak. Terkait pengamanan surat suara akan dijamin PT Pura Barutama dan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten PPU akan menerima di tempat tujuan.

Komisioner KPU Divisi Logistik Suhermansyah, Rabu (16/05/2018) mengatakan , pengamanan surat suara dalam pendistribusian adalah tanggung jawab dari PT Pura Barutama, berkerja sama dengan PT Pos Indonesia.

“Surat suara tinggal melakukan penyortiran dan pengepakan, dan untuk pendistribusian ke Kabupaten PPU kita menunggu informasi dari pihak PT.Pura Barutama,” kata Suhermansyah.

Lanjutnya, selain informasi dari pihak PT Pos Indonesia juga akan memberikan informasi terkait pengiriman surat suara ke Kabupaten PPU. Pengamanan surat suara dilengkapi security printing yang tujuan utama dari pencetakan keamanan adalah untuk mencegah pemalsuan , gangguan atau pemalsuan.

“Security printing hanya diketahui Ketua KPU dan pihak perusahaan, selain itu penggunaan microtext untuk menghindari pemalsuan atau penjiplakan pihak tak bertanggung jawab. Microtex ini tidak terlihat dengan kasat mata. Dalam surat suara ada kode microtext yang dikeluarkan oleh pabrik percetakan,” lanjutnya.

Dikatakan Suhermansyah, dirinya pun selaku Komisioner KPU tidak mengetahui pengamanan surat suara baik Security Printing maupun Microtex, jika ada yang berniat tidak baik atau menjiblak surat suara pasti akan ketahuan bahwa itu palsu. Dipastikan surat suara pilbup Kabupaten PPU aman.

PT Pura Barutama Kabupaten Kudus, Jawa Tengah ditunjuk sebagai penyedia jasa percetakan surat suara pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten PPU, suara di cetak pada Minggu (13/05/2018).

Sebanyak 121.709 surat suara di cetak pihak PT. Pura Barutama dan sudah termasuk 3.130 cadangan, Daftar Pemilih Tetap atau DPT di Kabupaten PPU 118.579 dimana 2,5 persen dari DPT per TPS dibulatkan atas  apabila diperoleh angka pecahan dan ditambah 2.000 surat suara pemungutan suara ulang (PSU). (hmd)

Selain mencetak surat suara pihaknya juga mencetak segel 12.938, template sejumlah 340 dan hologram 1.700 lembar.
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM