Senin, 20 Februari 2017

SMPN 8 Punya Banyak Terobosan


Maju Mengikuti Adiwiyata Mandiri 2017
Tim Adiwiyata Mandiri 2017 (kiri) dan Kepala SMPN 8 Suprapto
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Memiliki banyak terobosan salah satunya cara SMPN 8 Balikpapan untuk maju dalam Adiwiyata Mandiri 2017, melalui Cross Country yang dilaksanakan setiap Sabtu, Tim Adiwiyata Mandiri 2017 Road Show di sekolah-sekolah yang ada di Balikpapan.



Dalam road show turut hadir, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Ir Muhaimin MT, Motivator Adiwiyata kota Balikpapan, Syahril, Kabid Sekolah Menengah Pertama, Saiful serta Tim Astra Group (PT PAMA dan sekolah binaan dan perwakilan dari 14 sekolah maju dalam penilaian Adiwiya Mandiri 2017) .




Kepala SMPN 8  Suprapto SPd MM mengatakan terobosan baru SMPN 8 di antaranya pengelolaan Pestisida Nabati untuk membasmi tanaman dari daun bintaro yang dicampur dengan sabun colek, pembuatan jamu dari jahe serta pengelolaan kompos dan pembuatan gas methane.



“Untuk icon SMPN 8 sendiri kami ada terong ungu, jadi mulai pembibitan terong ada semua ,selain itu kami juga memiliki beberapa tanaman lainnya seperti budidaya cabai, seledri, toga serta tanaman lainnya,” kata Suprapto, Sabtu(18/2).



Bukan hanya itu saja, menurut Prapto pembiasaan penerapan PHBS sangat penting dari lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, ada lomba kebersihan kelas yang hasilnya diumumkan setiap minggu. 

"Bagi kelas yang mendapatkan nilai sedang maka akan diberi bendera kuning,hitam nilainya rendah dan hijau yang nilainya tinggi,” ucapnya.



Tim Adiwiyata Cross Country diajak berkeliling untuk melihat sejauh mana persiapan SMPN 8 yang ingin maju dalam penilaian Adiwiyata Mandiri. Setiap satu terobosan dijelaskan tatacara pengelolaan oleh siswa yang bertanggung jawab di bagiannya masing-masing. 

”Heboh pada saat pelelangan bibit cabai pelangi yang  hasilnya akan digunakan untuk pembangunan musala di SMPN 8. Bibit yang pertama dilelang dengan nilai Rp 500 ribu dan pemenangnya adalah Daliya Kepala SMAN 3 Balikpapan. Bibit  kedua dimenangkan oleh Saiful Kabid SMP dan bibit ketiga dari PT PAMA,” jelas Prapto.



“Banyaknya prestasi yang diraih oleh SMPN 8 di antaranya UKS juara kecamatan, cerdas cermat UKS tingkat Kota tahun 2014, roket hasil kreasi juara I tingkat Kota tahun 2016, Juara out bond dari PMI, dan sering mengikuti event yang diadakan oleh PMI :Sepuluh sekolah binaan SMPN 8.di antaranya SDN 021 Balikpapan Utara, SDN 003 Balut, SDN 022 Balteng, SDN 026 Balteng, SDIT Nurul Amalia,  MI Negeri 1,SMK Adzkia, MI Hidaytul Mustaqim,” tutupnya. (beny)  

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM