Februari 21, 2017

Persiapan UNBK di SMAN 9, Wahyudi : 100 Persen Aman



Persiapan UNBK di SMAN 9 Balikpapan
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. 

Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online. Kepala SMAN 9 Balikpapan Wahyudi mengatakan, dalam rangka persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) aman tidak ada masalah, sudah 100 persen siap dari sarana prasarana guna pendukung UNBK nantinya persiapan pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer pada tahung 2017 dapat bisa berjalan lancar. 


”Kami optomis bisa melaksanakn UNBK tahun ini bisa lancar. Apalagi sudah kesekian kalinya kami menggelar ujian CBT (computer based test) ," kata Wahyudi kepada media ini di ruang kerjanya, Selasa (21/2/2017). 
 
Persiapan yang dilakukan sekolah untuk melaksanakan UNBK 2017, menurutnya sejauh ini sudah mencapai100 persen dengan jumlah perangkat komputer yang dimiliki cukup memadahi dan server yang digunakan semuanya sudah bagus. Ia juga mengatakan pada saat UNBK nanti SMAN 9 dijadikan pusat ujian tingkat SMP yakni SMPN 20, SMPN 17, SMPN 21. "Mungkin hal ini pihak Sekolah Menengah Pertama(SMPN) paling tidak harus juga menyediakan perangkat seperti Laptop atau komputer untuk menghin dari kekurangan sarana prasarana kegiatan UNBK,” ujarnya
  
Ia menyebutkan jumlah siswa peserta UNBK pada tahun ini sebanyak 218 orang yang akan dibagi dalam tiga shif, untuk komputer pendukung 75 unit, 2 server utama, 1 server cadangan. 

”Dengan pelaksanaan UNBK tentu peserta akan lebih mandiri dan jujur, secara operasional juga lebih efektif dan hemat karena ongkos produksi kertas untuk PBT (peper based test) bisa ditekan,”. "Meskipun persiapan UNBK siap, yang kita kwatirkan pada saat UN berjalan tiba-tiba listrik padam itu salah satu penghambat pada saat UN berjalan,” tegasnya. (beny)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM