Maret 06, 2024

Sebanyak 17 EO di Kaltim Sukses Mengikuti Ujian Kompetensi MICE

Para peseta uji kompetensi MICE yang merupakan para penyelenggara EO
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID – Akhirnya Kaltim sukses melaksanakan Sertifikasi BNSP Kompetensi MICE yang digelar Himpunan Pengusaha Ekonomi Kreatif (HIEKRAF) Indonesia dan LSP Pariwisata Insan Kreatif (PIK). Kegiatan bertempat di Sekretariat HIEKRAF, pada Minggu 3 Maret 2024. Dari 25 peserta yang telah mendaftarkan diri, namun hanya 17 peserta yang lolos verifikasi persyaratan dasar sertifikasi. 

Sebanyak 17 peserta ini adalah dari perusahaan penyelenggara event yang bergerak di bidang event organizer (EO), Meeting, Incentive Travel, Conference and Exhibition (MICE) di Balikpapan, Kalimantan Timur. Ketua Umum HIEKRAF, Anwar Cholis mengatakan, sertifikasi yang digelar ini khusus untuk pengusaha dan penyelenggara event yang bergerak di bidang MICE, adalah pertama kalinya digelar di Kaltim dan berlangsung sukses, mulai sesi pembekalan, ujian tertulis maupun interview tatap muka. 

Sertifikasi ini dimaksudkan untuk menyiapkan dan memperkuat sumber daya yang profesional di bidang MICE di Kaltim. “Seperti yang kita ketahui, di Kaltim semakin banyak kegiatan yang membutuhkan perusahaan penyelenggara event (EO). Jadi, pelaksanaan sertifikasi ini sangat dibutuhkan dan sesuai tuntutan profesionalisme kerja di masa mendatang sesuai dengan standar pemerintah,” kata Olle biasa pria ini disapa. 

Dalam penyelenggaraan sertifikasi ini, tambah Olle, LSP PIK yang berkedudukan di Jakarta bekerja sama dengan organisasi HIEKRAF dan didukung EO Borneolandpro, Cafepro, Chika Media, Repro Indonesia, Visual Borneo dan media partner prokaltim.com. Pada sertifikasi yang diikuti 17 peserta itu, ada enam bidang klaster MICE yang diikuti peserta, yaitu event venue management, event logistic, event marketing communication, event registration, event liasion officer dan event stand building. 

Tim LSP PIK menyertakan dua asesornya untuk menangani asesi sertifikasi profesi tersebut. Balikpapan sendiri, kata Olle merupakan kota pertama pada tahun ini yang melaksanakan sertifikasi MICE dengan mandiri dan selanjutnya akan berlanjut ke kota lainnya yakni Samarinda, Kukar, Bontang, Kutim. 

“Dengan ada sertifikasi ini, kita harapkan para penyelenggara event (EO) ke depan memiliki kualifikasi kompetensi yang standar,” katanya. 

Menurut Iin Maftuha SPd dari LSP PIK, sertifikasi kompetensi ini dilaksanakan juga untuk menyiapkan Balikpapan sebagai salah satu destinasi bagi penyelenggara event di Indonesia dan adanya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) yang sudah berlangsung. Sebab ke depan, tambahnya, setiap tenaga kerja diwajibkan memiliki sertifikat kompetensi profesi sesuai bidang masing-masing. Sedangkan PIK merupakan LSP yang mendapat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk melaksanakan sertifikasi/uji kompetensi di bidang MICE/event. (*/ato)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM