Desember 06, 2022

 Wamen Harvick Tinjau Lokasi IKN, Pastikan Ketersediaan Pangan Terpenuhi 

Juga Dialog dengan Kelompok Tani di Desa Giripurwa Kecamatan Penajam

Kunjungan Wamen Kementaen ke lokasi IKN diterima Plt Bupati PPU Hamdam
SEPAKU, KABARKALTIM.CO.ID - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi meninjau lokasi Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN Nusantara) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Kunjungan tersebut merupakan rangkaian kerja Kementan dalam memastikan ketersediaan pangan di Ibu Kota IKN Nusantara. 

"Sektor pertanian menjadi hal yang paling utama karena menyangkut pangan penduduk di IKN Nusantara nanti," kata Harvick, Senin, 5 Desember 2022. 

Menurut Harvick, sektor pertanian merupakan sektor yang paling dasar dalam membangun ibu kota baru. Oleh sebab itu, ketersediaan pangan menjadi penentu bagi 1,9 juta penduduk di sana. "Ke depan, kabupaten/kota penyangga IKN Nusantara yang memiliki potensi pertanian ini harus segera kita berdayakan dengan menyalurkan program-program yang tepat sasaran agar IKN segera bisa diakselerasi pembangunannya," ujarnya. 

Usai meninjau lokasi, Wamen Harvick juga melakukan peninjauan lahan pertanian hortikultura serta berdialog dengan sejumlah kelompok tani di Desa Giripurwa Kecamatan Penajam. Harvick mengaku siap membantu pengelolaan pertanian di sana melalui program KUR dan mekanisasi. 

"Mudah-mudahan dengan adanya aspirasi dari petani, peternak dan pekebun pemerintah bisa segera melaksanakanya secara sistematis, terutama soal pengadaan tadi. Kemudian bantuan juga berupa Alsintan dan lain-lain, coba kita laksanakan di tahun 2023," ungkapnya. 

Di lokasi yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam berharap sektor pertanian di daerahnya dapat memberikan andil besar dalam menjaga ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan nasional. 

"Semoga Kabupaten Penajam Paser Utara dapat berkontribusi maksimal dalam menjaga ketahanan pangan daerah dan nasional dengan dukungan penuh Kementerian Pertanian dan seluruh stakeholder pertanian baik pusat maupun daerah," ucapnya. 

Perlu diketahui, Wamentan Harvick hadir didampingi Plt Bupati Penajam Paser Utara Hamdam, Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan Hortikultura Kaltim Siti Farisyah Yana, serta unsur Forkopimda Kabupaten Penajam Paser Utara.(*/gus)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM