Mei 04, 2022

IKN Nusantara Sudah Sejauh Mana? Balikpapan Bagaimana Antisipasinya?

Catatan Ketua Umum Gepak Kuning-Suriansyah (Prof)  

MASIH belum hilang rasanya sebelum bulan Ramadan lalu, informasi lonjakan populasi penduduk di Kota Balikpapan berdasarkan data statistik kependudukan dari Disdukcapil Kota Balikpapan hingga masuk pada angka 6.000 jiwa. Berdasarkan angka ini, kita tentu akan selalu bicara pada konteks IKN Nusantara ini, apakah anugerah bagi Balikpapan ataukah musibah bagi Kota Balikpapan? 

Karena kita bisa lihat dengan jelas setiap hari Kota Balikpapan semakin parah kemacetannya, aurs lintas semakin padat dirasakan, para pengamen anak-anak semakin sering terlihat intensitasnya di beberapa ruas jalanan. Sehingga kita sampai pada kesimpulan bahwa 6.000 jiwa itu betul-betul memberikan dampak yang signifikan bagi kota penyangga IKN Nusantara ini. 

Kami ingin sekali bersuara di jalanan bergandengan tangan dengan lapisan masyarakat untuk menyuarakan kepada Wakil Rakyat kami di DPRD Kota Balikpapan, agar Kepala Badan Otorita IKN Nusantara yang sudah dilantik untuk segera bekerja dengan optimal. 

Suriansyah (Prof)
Kami butuh untuk didengarkan dan diperhatikan sebagai bagian dari masyarakat Kota Balikpapan yang sangat peduli dengan kota kelahiran kami ini. IKN Nusantara dengan progresivitas pembangunannya, tentu harus senantiasa di-blow up di media agar diketahui seluruh penduduk Indonesia. 

Kewajiban ini tentu bukan tidak beralasan, karena ini merupakan mega proyek nasional dan Kota Balikpapan dengan masalah-masalah yang sudah hadir di hadapan mata kita tentu saja juga segera harus diantisipasi oleh Pemerintah Pusat melalui perpanjangan tangannya yaitu Kepala Badan Otorita IKN Nusantara. 

Atas segala semua problematika yang timbul itu, maka kami tegaskan bahwa kami butuh kepastian berupa wujud nyata pembangunan IKN Nusantara dengan melalui publikasi di media cetak dan elektronik bahwa IKN Nusantara itu memang sedang dikerjakan sampai detik ini. 

Dan Kota Balikpapan dengan masalah-masalah yang ditimbulkan itu harus segera pula dipersiapkan solusi untuk penyelesaiannya. Pemerintah Pusat harus ingat, bahwa masyarakat di Kota Balikpapan ini mendukung IKN Nusantara bukan hanya sekadar teriakan dan cuitan mulut semata. Di dalam hati mereka terdapat harapan dan impian besar bagi anak cucu di kemudian hari. 

Oleh karena itu kami berharap Pemerintah Pusat melalui Badan Otorita harus serius bekerja dan memberikan perkembangan konkret terhadap pembangunan IKN Nusantara itu. Agar dukungan yang diberikan tidak berubah menjadi bom waktu yang kapan saja siap meledak dengan cuitan penolakan atas akibat dari lambatnya penanganan masalah di Kota Balikpapan sebagai penyangga dan IKN Nusantara yang hingga detik ini Kepala Badan Otorita-nya belum juga berkantor dan mengerjakan progresivitas pembangunan Ibu kota tersebut. 

Gepak Kuning Kalimantan Timur dalam rangka menjelang ulang tahunnya yang ke-5 akan  berusaha membuka diskusi penting agar Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah bersinergi dalam percepatan pembangunan IKN dan penanganan masalah-masalah yang ada di Kota Penyangga IKN yaitu Kota Balikpapan. (*)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM