Desember 24, 2021

Operasi Lilin Mahakam 2021 : Antisipasi Meningkatnya Penularan Covid-19

2.000-an Personel Disiagakan, Gabungan TNI-Polri, Pemerintah Daerah serta OKP 

Gubernur Kaltim Isran Noor memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Mahakam 2021
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID - Apel gelar pasukan operasi kepolisian terpusat Lilin Mahakam 2021, resmi digelar hingga 2 Januari 2022 mendatang. Pelaksanaan operasi ditandai dengan penyematan pita oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor kepada perwakilan personel dalam apel gelar pasukan yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Kamis (23/12/2021) pagi. 

Dalam kesempatan tersebut, dua ribuan personel gabungan TNI-Polri, Pemerintah Daerah serta organisasi masyarakat dan kepemudaan di Kalimantan Timur terlibat dalam Operasi Lilin Mahakam 2021 tersebut. 

Hal itu dilakukan dalam rangka mendukung keamanan dan kelancaran perayaan Natal 2021 serta libur Tahun Baru 2022. Usai memimpin apel Gubernur Kaltim, Isran Noor mengatakan, peningkatan mobilitas masyarakat di kedua momen tersebut mendapat atensi aparatur terkait selama operasi berlangsung. Mengingat tren ini dikhawatirkan bakal meningkatkan risiko penularan Covid-19, wabil khusus potensi munculnya varian baru, Omicron. 

"Apel gabungan ini salah satu atensinya dalam rangka mengantisipasi berkembangnya dan meningkatnya penularan Covid-19," ujarnya. 

Dia juga menjelaskan, ssuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 66/2021, agar perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dilaksanakan dengan tetap menaati protokol kesehatan (prokes) secara disiplin. Apalagi melihat fakta bahwa daya tular Omicron yang lima kali lebih tinggi daripada varian Delta. 

"Di Kaltim memang belum ada indikasi (varian Omicron). Tapi membahayakan juga, apalagi kalau yang tertular itu memiliki komorbid," bebernya 

Mengenai pengawasan, Isran memastikan seluruh teknisnya telah tercantum dalam panduan pelaksanaan libur Nataru yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Mulai dari tempat ibadah, tempat keramaian masyarakat, objek wisata,hingga jalur lintas kabupaten/kota. "Aplikasi peduli lindungi harus diterapkan, di mall, restoran, hotel dan tempat lain sebagainya. Harus jadi perhatian, terutama bagi mereka-mereka yang mau berkumpul-kumpul," pungkas Isran Noor. (*/agus) 

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM