Juli 07, 2021

Inilah Sumbangsih Pemikiran IA KPMKT bagi Peningkatan SDM Kalimantan

TEPATNYA pada Sabtu 3 Juli 2021 mulai puul 20.00 - 22.55 Wita, Ikatan Alumni Keluarga Pelajar Mahasiswa Kalimantan Timur (IA KPMKT) cabang Makassar telah menggelar webinar  'Strategi Penyiapan SDM Kalimantan – Tantangan dan Peluang Menyongsong Ibukota Negara RI Tahun 2024'. 

Acara tersebut menghadirkan dua orang narasumber yaitu, Rustam Fahmi SHut MP selaku tenaga ahli Kajian Lingkungan Hidup Strategis ( KLHS ) Masterplan IKN yang membahas aspek lingkungan dan sosial. Sementara narasumebr kedua yaitu Dr Hj Rahmawati SE MM, selaku  Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi dan Manajemen dan Akuntansi. - Asesor Pendamping Kewirausahaan BNSP, yang membahas dari aspek ekonomi.  Sebagai notulen webinar yaitu IA KPMKT Cabang Makassar, kegiatan diikuti 77 orang, dengan host  Dra Hj Nora Janawati. Bertindak sebagai moderator Drs H Suriansyah. 

Drs H Moh Agang Sindja MSi
Bertindak sebagai penanggap dari materi-materi yang disampaikan yaitu  Dr H Makmur Sanusi PhD,  Dr Ir HM Nurdin MT,  Dr HM Yusuf Mustafa SH MH,  Dr M Ilham Agang SH MH,  H Arman Arsyad (praktisi), Drs Sayid Saher MM,  Dra Hj Mas'at Ali MSi,  Dra Hj Hardiyana Muriyani MSi,  Drs Hasan Basri  MM dan  H Chairullah SE MSi.  

Sedangkan yang mewakili warga dan memberikan sambutan,  merupakan senior IA KPMKT Makassar yaitu Drs H Moh Agang Sindja MSi.

Berikut kesimpulan umum, langkah-langkah praktis yang perlu dilakukan untuk menyiapkan : 

1. Penguatan institusi pendidikan formal. 

Dalam hal ini Perguruan Tinggi yang ada di Kalimantan secara khusus yang ada di Kalimantan Timur, dengan Kurikulum Pendidikan yang lebih berkualitas dalam menjawab kebutuhan sehingga mampu menghasilkan SDM yang siap pakai dan siap bersaing. Unmul sudah menyiapkan diri menjemput bola dengan membuka kampus di dekat wilayah Ibu Kota Negara (IKN) 

2. Payung Hukum  

Diperlukan Payung Hukum untuk melindungi kepentingan dan hak ulayat penduduk lokal, sehingga budaya dan kearifan lokal penduduk setempat mendapatkan tempat yang layak, serta kesetaraan hak di dalam kesempatan keterlibatan dalam pembangunan wilayah IKN ke depan. 

3. Pendidikan yang Unggul Sejak Dini 

 Ada atau tidaknya IKN di Kaltim, SDM Kalimantan wajib bertumbuh kembang yang berdaya saing. Karena itu perlunya kurikulum pendidikan sejak dini yang berorientasi pada pengembangan karakter dan kompetensi, sehingga SDM Kalimantan ke depan mampu bersaing sampai ke tingkat ring satu kepemimpinan nasional. Dengan menekankan pentingnya kemampuan berkomunikasi yang unggul Bahasa Inggris, Mandarin dan Arab. 

Dr Hj Rahmawati SE MM
4. Political Will yang kuat dari semua stakeholders 

Perlunya rancangbangun (blue print) pembangunan SDM Kalimantan dengan visi misi yang jelas dan terukur yang dimiliki oleh semua pemangku stakeholders Kalimantan. Karena itu perlunya semua pemimpin dari berbagai tataran (Gubernur dan para Bupati, Walikota) untuk duduk bersama 

Atas suksesnya acara tersebut, panitia mengucapkan terima kasih kepada warga IA KPMKT yang telah turut berpartisipasi dalam menyukseskan webinar tersebut. Harapannya, dengan webinar (bagian I) yang telah dilaksanakan, dapat menjadi sumbangsih pemikiran dan memberi pencerahan khususnya terkait upaya peningkatan SDM di Kalimantan.(*)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM