Desember 04, 2020

Sigap Atasi Bencana, BPBD Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana di DPMT Balikpapan

Elvin Junaidi dan Suseno bersama Danramil dan Kapolsek usai simulasi (rahman/kk)

BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID - Untuk kesiapsiagaan warga Kota Balikpapan dalam menghadapi bencana yang bisa datang kapan saja dan dimana saja, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan rutin menggelar simulasi penanggulangan bencana. 

Seperti pada simulasi penanggulangan bencana kebakaran, yang digelar Jumat (4/12/2020) pagi di kantor Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT) Kota Balikpapan. Hadir dalam kegiatan itu, Kepala BPBD Kota Balikpapan Suseno, Kepala DPMT Kota Balikpapan Drs Elvin Junaidi MSi, Dishub Balikpapan, Camat Balikpapan Selatan, Danramil Balikpapan Selatan, Kapolsek Balikpapan Selatan, Ketua PMI Kota Balikpapan dan pihak-pihak lainnya, termasuk jajaran BPBD dan DPMPT Kota Balikpapan. 

Elvin Junaidi menginstruksikan kepada jajarannya, mengikuti dengan serius simulasi penanggulangan bencana kebakaran yang dipandu langsung tim BPBD Kota Balikpapan. Sementara dalam keterangannya Suseno menegaskan, usai kegiatan dilakukan evaluasi. 

"Dari hasil evaluasi memang ada kekurangan simulasi penanggulangan bencana ini. Justru dari kekurangan ini, kita semua belajar. Sehingga dengan simulasi ini, kita semua tahu, kita harus berbuat apa? Kapan berbuat? Kita tidak menghendaki terjadinya bencana, tapi kita harus siap. Harus siap jika terjadi bencana, siap untuk menanggulangi, melakukan tindakan yang tepat dan cepat," ungkap Suseno. 

Termasuk langkah antisipasi atau pencegahan terjadinya bencana, juga sangat penting dilakukan. Pantauan media ini di lokasi simulasi penanggulangan bencana, peralatan lengkap diterjunkan tim BPBD yang bekerja sama dengan Polsek, Koramil, PMI, Dishub dan berbagai pihak terkait lainnya. 

Termasuk peralatan untuk mengevakuasi korban kebakaran dari lantai atas. Dari simulasi, terdapat korban kebakaran yang berhasil diselamatkan dan dibawa ke rumah sakit menggunakan ambulans. (rahman)

 

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM