November 12, 2020

PHSS Raih Penghargaan di Indonesia CSR Awards 2020

JAKARTA - PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) berhasil meraih 2 penghargaan Kategori Gold untuk aspek Pelibatan dan Pengembangan Masyarakat pada malam penganugerahan Indonesia CSR Awards 2020 yang diadakan 6 November 2020. Kedua penghargaan tersebut diberikan kepada PHSS untuk Program Water Supply System (WSS) di Desa Saliki, Kecamatan Muara Badak dan program Rumah Literasi Kreatif (Rulika) Bunga Kertas di Desa Beringin Agung, Kecamatan Samboja.

Indonesia CSR Awards 2020 merupakan ajang penghargaan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD) bekerja sama dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan didukung penuh oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia & Kebudayaan. Ajang bergengsi ini diadakan setiap 3 tahun sekali ini dan diikuti oleh puluhan perusahaan dari berbagai sektor usaha di seluruh Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang berhasil menerapkan program CSR berdasarkan SNI ISO 26000:2013 tentang Panduan Tanggung Jawab Sosial.

Program WSS adalah program CSR PHSS dalam penyediaan fasilitas air bersih berbasis masyarakat yang diintegrasikan dengan layanan air minum yang dikelola oleh Bumdes Mekar Sejati Desa Saliki. Program WSS Saliki beroperasi sejak tahun 2018 dan saat ini berhasil melayani suplai air bersih kepada 326 rumah tangga. Saliansyah, Kepala Desa Saliki mengungkapkan bahwa tantangan selanjutnya adalah meningkatkan kapasitas WSS Saliki sehingga dapat bisa menjangkau lebih banyak lagi rumah tangga dan ekonomis.
“Pemerintah Desa Saliki sangat mengapresiasi PHSS dalam mengembangkan Program Water Supply System, sehingga masyarakat dapat menikmati air bersih yang selama ini sulit didapatkan. Kami ikut bangga atas pencapaian ini yang merupakan buah kerja sama yang baik antara PHSS, pemerintah desa dan Kelompok Pengelola Sarana Pengelola Air Minum (KPSPAM)” ujar Saliansyah, Kepala Desa Saliki.

Sedangkan program Rumah Literasi Kreatif (Rulika) Bunga Kertas adalah program CSR PHSS dalam pengembangan literasi dan kreativitas masyarakat melalui pendekatan partisipatif dan kolaboratif. Rulika diharapkan akan menjadi Social Incubator sebagai motor penggerak masyarakat untuk mengembangkan kreatifitas dan potensi masyarakat.

Walrina, pengelola Rulika Bunga Kertas mengutarakan bahwa keberadaan Rulika menjadi wadah bagi seluruh lapisan masyarakat yang ingin belajar dan mengembangkan minat dan bakatnya. “Kegiatan yang dilakukan oleh Rulika bervariasi, mulai dari menyediakan pembelajaran gratis, taman bacaan, UMKM, hingga kegiatan seni dan kreasi digital”, tambahnya.

Legal & Relations Manager PHSS, Sugeng Wiharto mengungkapkan kegembiraan atas diterimanya Indonesia CSR Award. “Kami bersyukur atas penghargaan ini namun award ini tidak akan membuat kami berpuas diri. Justru kami semakin terpacu untuk menghasilkan lebih banyak lagi program-program CSR yang dapat memberikan kontribusi terbaik bagi seluruh pemangku kepentingan”, ujarnya.

Sebagai salah satu anak perusahaan PT Pertamina Hulu Indonesia, PHSS berkomitmen untuk memastikan bahwa Perusahaan dapat terus menghasilkan migas bagi Indonesia secara selamat dan berkelanjutan, serta menjalankan program-program CSR yang menghasilkan dampak dan manfaat yang signifikan terhadap masyarakat. (*/kg)


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM