Oktober 17, 2020

Tingkatkan Perekonomian di Kawasan Pengembangan Biota Laut Tanjung Harapan-Samboja


SAMBOJA - Pada 13 Oktober 2020 lalu, Komunitas Pecinta Lingkungan Samboja (Kapalas) menggelar bakti lingkungan di kawasan pengembangan biota laut, Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Samboja-Kaltim. 

Kegiatan yang dilakukan, bersih bersih pantai, pembuatan rumpon ikan dan melakukan kegiatan edukasi tentang pentingnya menjaga biota laut kepada petani rumput laut dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat lokal di kawasan pengembangan biota laut Pantai Tanjung Kelurahan Tanjung Harapan . 

Acara ini dihadiri anggota DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara Budiman SSos, pembina Kapalas Hery Estaman, Ketua Kapalas Anwar, Sekjen Kapalas Erry Setiawan, Bendahara Kapalas Amran, Koordinator PKH Kecamatan Samboja Emma Ratnasari, Yayasan Jejak Pulang. 

Budidaya rumput laut menjadi salah satu penghasilan warga sekitar Samboja

Termasuk ikut serta pengurus Ampi Samboja, masyarakat petani rumput laut, KPM PKH Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Samboja. Melalui kegiatan itu, Budiman sangat mengapresiasi, dia berharap kegiatan ini dapat memupuk kepedulian masyarakat pesisir Samboja akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian biota laut di kawasan pesisir Kecamatan Samboja. 

Sementara Koordinator PKH Kecamatan Samboja Emma Ratnasari mengatakan, dengan adanya kegiatan rumput laut ini sangat membantu Ibu-ibu KPM PKH di wilayah dampingannya dalam hal mendapatkan penghasilan tambahan. 

"Ibu-ibu KPM PKH Kelurahan Tanjung Harapan dapat berpartisipasi dalam kegiatan pengikatan bibit rumput laut. Usaha rumput laut di Kelurahan Tanjung Harapan merupakan usaha baru yang dikembangkan di kawasan pengembangan biota laut pantai Tanjung Harapan Kecamatan Samboja," sebut dia. 


Kawasan tersebut merupakan kawasan pengembangan biota laut yang diinisiasi oleh Komunitas Pecinta Lingkungan Samboja. Pembuatan rumpon ikan dari ban bekas yang tidak terpakai dan menenggelamkannya di laut dan pengembangan usaha rumput laut ini dilakukan untuk mengembangkan biota laut di Pantai Tanjung Harapan. 

Hal ini terbukti setelah adanya rumput laut dan pembuatan rumpon-rumpon ikan, hasil pancingan nelayan meningkat di kawasan ini dan tidak harus pergi jauh ke tengah laut untuk mendapatkan ikan. Demikian diungkapkan,   Hery Estaman yang merupakan pendiri dan pembina Kapalas. 

"Kegiatan ini akan terus dilakukan demi menjaga kelestarian laut Samboja. Kami juga mengucapkan terima kasih atas bantuan pihak perusahaan yang sudah membantu serta kawan kawan NGO dan masyarakat yang sudah hadir dalam acara ini. Meski kegiatan ini dilakukan di tengah pandemi namun panitia kegiatan tetap mengikuti protokoler kesehatan yang berlaku," tegas Hery Estaman. (*/rahman)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM