Oktober 12, 2020

Majelis Taklim Ar Rahman Gelar Pelatihan Fardhu Kifayah

Peserta Antusias, Praktek Tata Cara Pengurusan Jenazah 

Pelatihan fardhu kifayah yang dilakukan Majelis Taklim Ar Rahman (rahman/kk)

BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID - Majelis Taklim Ar Rahman Perum Griya Karang Joang Asri 2, aktif dalam kegiatannya. Selain bersama-sama dalam membangun musala, berbagai kegiatan positif dan bermanfaat, mereka lakukan. 

Seperti pada Minggu (11/10/2020) mulai pukul 09.00 Wita, Majelis Taklim Ar Rahman menggelar pelatihan fardhu kifayah. Pelatihan seperti ini penting, agar warga memahami tata cara pengurusan jenazah. Praktek langsung dilakukan, peserta mengikuti dengan antusias pelatihan tersebut. 

"Pelatihan fardhu kifayah ini, bagian dari program kerja Majelis Taklim Ar Rahman, Perumahan Griya Karang Joang Asri 2. Pengurus berharap, melalui pelatihan ini, peserta menjadi paham dan mengerti tentang tata cara pengurusan jenazah," ungkap Ketua Majelis Taklim Ar Rahman, Wawan, didampingi pengurus lainnya, Rustam, Akmal dan Ahmad Darmawi. 

 "Terima kasih untuk semua, para pengurus majelis taklim maupun masyarakat di lingkungan ini secara umum, hingga pelatihan fardhu kifayah dapat digelar dengan lancar," imbuh Wawan. (kk)  

 

Berikut tata cara memandikan jenazah menurut Islam :

Sebelum memandikan jenazah, ada baiknya kita mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan agar proses memandikan jenazah lancar dan tempat untuk memandikan jenazah adalah di tempat yang tertutup.

Cara memandikan jenazah yang baik dan benar menurut Islam.
1. Meletakkan jenazah dengan kepala agak tinggi di tempat yang disedikan 
2. Memakai sarung tangan sebelum memandikan 
3. Ambil kain penutup dari jenazah dan ganti dengan kain basah agar auratnya tidak terlihat 4. Angkat kepala jenazah sampai setengah duduk kemudian tekan perutnya agar kotoran keluar semua 
5. Siram seluruh tubuh jenazah sampai kotoran yang keluar dari perut tidak ada yang menempel pada tubuh 
6. Bersihkan qubul (kemaluan depan) dan dubur (kemaluan belakang) jenazah dari kotoran, dan pastikan tidak ada yang menempel 
7. Jenazah diwudhu kan 
8. Siram atau basuh jenazah, mulai dari anggota tubuh sebelah kanan, mulai dari kepala, leher, dada, perut, paha hingga kaki paling ujung. Kemudian balik ke bagian kiri, siram lagi dengan air bersih dari kepala hingga ujung kaki. 
9. Bersihkan gigi.lubang hidung celah ketiak.dan rambut.celah jari tangan dan kaki 
10. Basuh jenazah dengan menuangkan air bersih ke tubuh jenazah, bagian tubuh juga digosok perlahan dan lembut 
11. Mandikan jenazah dari kepala sampai ke kaki dan bahu kanan sampai ke kaki.dan bahu kiri sampai ke kaki 3x 
12. Siram dengan kabur barus 
13. Jenazah diwudhukan kembali untuk kesempurnaan seperti orang yang berwudhu sebelum sholat. Di sini tidak perlu memasukkan air ke dalam hidung dan mulut jenazah, tetapi cukup membasahi jari yang dibungkus dengan kain dan kemudian bersihkan bibir jenazah dengan menggosok gigi dan kedua lubang hidung jenazah hingga bersih 
14. Keringkan tubuh jenazah dengan menggunakan handuk kering

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM