Juli 02, 2020

Duapuluh Lima Persen Koperasi Mati Suri

Penyukuhan koperasi.  (baharsikki/kk)

KUTIM, KABARKALTIM.CO.ID- Tumbuh sungkan mati tak mau. Itulah kiria-kira kata tepat untuk perkoperasian di Kabupatan Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Hingga Kamis (2/7/2020) di Kutim terdata sebanyak 1.117 unit koperasi. 

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Muhammad Husaini, dari ribuan jumlah koperasi tersebut ada duapuluh lima persen lebih yang tidak aktif alias mati suri. Dengan beragam masalah. Punya nama koperasi, tapi pengurusnya tak tahu dimana rimbahnya. Punya  koperasi, pengurus ada tapi tidak ada kegiatan.


“Kami tak ingin koperasi yang baru dibentuk bernasib seperti yang duapuluh lima persen tadi,” harap Hasaini optimistis di kantornya dalam acara penyuluhan.

Dari 1.117 unit koperasi tersebut ada 300 unit yang tidak aktif. Artinya, sebanyak 700 unit koperasi aktif. Meskipun ‘jalan terseok-seok’. “Memang ada beberapa koperasi yang sudah aksis. Tapi jumlahnya masih sedikit,” beber Husaini di kantornya, Kawasan Bukit Pelangi, Sangatta..

Untuk itu, Dinas Koperasi dan UKM tak henti-hentinya melaksanakan pembinaan terhadap masyarakat, agar kedepan koperasi benar-benar menjadi soko guru perekonomian dalam meningkatkan kesejahteraan anggota.

Sebelum pandemi Covid-19, Dinas Koperasi dan UKM dalam melaksanakan pembinaan dengan cara jemput bola, mendatangi masyarakat. Tapi kini (wabah corona, Red) warga diminta datang di Kantor Dinas Koperasi mengikuti penyuluhan. (baharsikki).
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM