Februari 18, 2020

Kekompakan Warga Jl Batu Ratna : Mandiri Membangun Lingkungan

 Ketua RT Darum : Perlu Pemekaran RT agar Pengelolaan Administrasi Lebih Baik
Warga Jalan Batu Ratna RT 15 Karang Joang Balikpapan Utara saat diskusi bersama (dayat/kk)
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID - Suksesnya pembangunan lingkungan tidak hanya berpatokan dari peran serta pemerintah daerah. Kekompakan serta solidaritas warga juga menjadi ujung tombak keberhasilan tersebut. 
Semangat inilah yang ternyata menjadi motivasi warga Jl Batu Ratna Km 11 Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara dalam membangun lingkungannya. Seperti yang terlihat belum lama ini, sejumlah warga setempat melakukan pertemuan, membahas ide membangun lingkungan di kawasan Jl Batu Ratna termasuk usulan untuk pemekaran RT. 

"Kami bersama-sama antar warga bersilahturahmi sambil ngopi-ngopi, Mas. Tidak sekadar ngopi dalam pertemuan ini kami samakan persepsi menuangkan ide dalam membangun lingkungan. Baik sarana infrastruktur, jalan rusak penerangan jalan umum dan sebagainya," ungkap Darum-Ketua RT 15 Jl Batu Ratna Kelurahan Karang Joang. 

Terkait dengan perbaikan sarana infrastruktur, pihaknya mengaku tidak selalu bergantung dengan Pemkot atau dari pihak pengembang perumahan. Semangat utamanya adalah gotong royong saling bahu membahu membangun lingkungan bersama-sama meskipun harus swadaya. 

"Seperti perbaikan jalan rusak, perbaikan fungsi drainase, tidak jarang kami berswadaya, termasuk dalam pengerjaannya," sebut Darum. 

Sementara itu, terkait dengan pemekaran RT, pihaknya melihat kondisi wilayah di kawasan ini sangat luas dan jumlah penduduk juga sudah mulai padat, yakni tercatat 600 Kepala Keluarga (KK) di kawasan Perumahan RT 15. 

"Sekarang bertambah lagi kawasan perumahan, yakni Perumahan Griya Karang Joang Asri II, totalnya ada 4 kawasan perumahan sehingga harua ada pemekaran wilayah RT agar pengelolaan administrasi dapat lebih baik lagi," jelasnya. 

Melihat kekompakan warga inilah, menurut beberapa tokoh lingkungan Griya Karang Joang Asri 2 (GKJA2) menjadi salah satu contoh maupun tolak ukur bagi lingkungan warga lain di Balikpapan, agar membangun kota Balikpapan dapat dimulai dengan semangat membangun wilayah terkecil. Beberapa tokoh lingkungan perumahan GKJA2 seperti Ahda, Gusti, Idham, Surya, Andre maupun Wawan. 

"Semangat membangun mulai dari lingkungan rumah tangga hingga lingkungan RT tempat kita tinggal. Salah satunya kompak bersama bergotong royong dan saling mebahu", terang Ahda yang akhirnya diberi amanah menjadi Penjabat Sementara (PjS)  Koordinator Lingkungan GKJA2.  (*/dayat)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM