Januari 07, 2020

Assesmen PNS Cenderung Sekadar Formalitas Saja



Pegawai Kutim (baharsikki/kk)
KUTIM, KABARKALTIM. CO.ID- Berapa posisi jabatan di lingkup Pemkab Kutim masih lowong. Ini menjadi PR tersendiri bagi Bupati Ismunandar. Ketika wawancara awak media, Senin (6/1/2020) di kantornya, bupati Kutim ini menyatakan  batasan waktu yang diberi berdasar perundang-undangan terhadap pemerintah daerah yang ikut Pilkada serentak 2020  untuk aksi mutasi hingga Rabu (8/1/2020).

Bila toh nantinya ada aksi mutasi setelah tanggal 8 Januari 2020 untuk menduduki posisi  jabatan strategis, itu harus seizin Menteri Dalam Negeri (Mendagri).


“Mutasi bukan hanya boleh dilakukan siang hari. Tapi mutasi juga boleh malam hari. Tepatnya. Sebelum pukul 00.00 waktu setempat pada delapan Januari,” kata Ismunandar.
Penetapan pejabat pada posisi strategis harus melalui proses mekanisme yang berlaku. Dan, mesti memenuhi ketentuan bersyaratan standarisasi. Di antaranya, pejabat yang dimaksud itu memiliki kompetensi. Agar bila orang yang diberi amanah untuk menduduki jabatan tersebut mampu berbuat serta bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas dan fungsi yang diembanya.

Posisi jabatan di lingkup Pemkab Kutim yang masih kosong di antaranya Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setkab, dan dinas,  badan, sub dinas serta sub badan yang saat ini hanya diisi pegawai status pejabat sementara alias pejabat non definitif.

Penempatan pejabat pada posisi strategis di Pemkab Kutim  memunculkan beragam pendapat masyarakat. “Assesmen cenderung sekadar formalitas saja. Itu semua tergantung user atau penggunannyai”. Kenapa?, penentu kebijakan masih mengutamakan kepentingan politiknya ketimbang profesionalitas. Sehingga terjadi, ada pejabat golongan rendah bawahi staf yang golongan lebih tinggi. Ada pejabat yang menduduki jabatan strategis yang sesungguhnya tidak memiliki kapasitas di situ.  Akibatnya, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Rp 3 triliunan habis, sisakan utang, pembangunan ada yang terbengkalai tidak sesuai hasil kesepakatan dalam musyawarah rencana pembangunan.. (baharsikki)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM