Agustus 19, 2019

"Bangunan Pelabuhan Kenyamukan Dianggap Selesai, tapi Faktanya Belum"

KUTIM, KABARKALTIM. CO.ID- Pelabuhan Kenyamukan, Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur masuk tol laut menghadap selat Makassar berada di Alur Laut Kepulauan Indonesia Dua(ALKI ,2). Namun, sayangnya pekerjaan causeway –infrastruktur penghubung darat dengan dermaga- dipastikan belum rampung jilid 1 kepemimpinan Presiden Jokowi.
Padahal 2016 silam sudah pernah dijadwalkan diresmikan Pemkab Kutim. Namun peresmian pelabuhan yang sangat didambahkan masyarakat keberadaanya itu tak kunjung difungsikan. Ada pekerjaan bangunan yang belum tuntas di pelabuhan Kenyamukan tersebut. Sementara pihak kontraktor tidak lagi beraktivitas di sana.

Bangunan pelabuhan Kenyamukan dianggap selesai, padahal faktanya belum,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Ihsan dalam rapat koordinasi dipimpim Sekkab Irawansyah di ruang Meranti, Kantor Bupati Bukit Pelangi, Senin (19/8/2019).
Infrastruktur cuaseway ukuran lebar 8 meter dengan panjang 500 meter belum jadi. Itu menjadi salah satu penghambat sehingga bangunan dermaga belum bisa difungsikan guna memperlancar arus transportasi air.
Itu proyek pusat. Yang bangun pelabuhan itu adalah pemerintah pusat, dananya bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah, Red). Kutim mau saja bangun cuseway-nya, tapi harus ada dahulu pelimpahan kewenangan dari pusat ke daerah,” harap Ihsan.
Apa maksud kalau bangunan pelabuhan Kenyamukan dianggap selesai, berarti Rancangan Anggaran Biaya (RAB) sudah sesuai hingga pelabuhan itu difungsikan. “ Itu urusan pusat. Kasihan pusat. Saya tidak tahu berapa persen realisasi pekerjaan bangunan pelabuhan itu,” kilah Ihsan sambil melangkah menuju teras kantor bupati. (ri)



Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM