Mei 26, 2019

Dekan FH Unair Imbau Alumni agar Kembali ke Kampus

Pak De Karwo segera Menyusul Prof Hatta Ali Jadi Dosen FH Unair


SURABAYA-  Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Airlangga Nurul Barizah, SH, LL.M, Ph.D mengatakan Ketua Mahkamah Agung (MA) Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H, M.H saat ini telah menjadi dosen reguler, segera disusul oleh Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum alias Pak De Karwo (Mantan Gubernur Jawa Timur) back to campus (kembali ke kampus) sebagai tenaga pengajar di FH Unair.

Pernyataan tersebut disampaikan Nurul menjawab wartawan, saat berangsung acara silaturahmi dan berbuka bersama Ikatan Alumni (IKA) Universitas Airlangga Komisariat Fakultas Hukum berjalan meriah, Sabtu (25/5), di Hotel Santika Primier.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Airlangga Nurul Barizah, SH, LL.M, PhD (tengah) bersama dua alumni pada acara silaturahmi dan berbuka bersama alumni FH Unair di Hotel Santika Primier, Surabaya, Sabtu (25/5).



Perempuan dekan itu menambahkan bahwa alumni adalah etalase bagi fakultasnya sudah tersebar dimana-mana di seluruh Indonesia, “Seperti Pak Hatta Ali itu.  Beliau sudah memenuhi persyaratan akademis. Pengabdiannya sudah luar biasa, karya tulis akademiknya luar biasa, sehingga kepada beliau kami beri penghargaan gelar profesor. Dan sekarang, beliau sudah mengajar secara reguler di kampus FH Unair,” tegasnya.

Bukan hanya dia, Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum yang sangat populer dengan panggilan Pak De Karwo pun sudah menyatakan bersedia kembali ke FH Unair untuk mengajar, “Pada saat beliau menjabat gubernur Jawa Timur tidak sempat. Nah, sekarang setelah  tidak menjabat lagi saya tawari: Ayo Pak De, kembali ke kampus! Kebetulan saya dua minggu lalu bertemu beliau dan menyatakan bersedia mengajar di FH Unair,” kata Nurul bersemangat.

Hatta Ali dan Pak De Karwo merupakan dua diantara ribuan alumni FH Unair yang sukses di bidang pemerintahan, “FH Unair itu berdiri tahun 1956, sampai sekarang sudah ribuan,” tuturnya, Nurul belum bisa memastikan berapa jumlahnya akan tetapi akan terus melakukan pendataan alumni tersebut.

Nurul menyebutkan banyak juga alumni muda sudah banyak mempunyai pengalaman international exposure juga bersedia mengajar di FH, “Terutama bagi mereka yang sudah banyak melakukan pengabdian di masyarakat itu juga bisa kita minta sebagai pengajar sesuai bidangnya masing-masing,” tegasnya.

Dekan bersama pengurus Ika FH Unair berfoto bersama pengurus yayasan yatim piatu, tenaga honorer, serta mahasiswa berprestasi yang mendapat santunan dan bantuan dari Ika FH Unair, Sabtu (25/6), di hotel Santika Primier, Surabaya.

Bu Dekan menegaskan bahwa alumni merupakan aset bagi FH Hukum, keberadaan mereka secara nyata telah memberikan kontribusi besar bagi fakultas, “Malam ini luar biasa, karena kami bersama alumni bisa menyelenggarakan acara santunan kepada anak-anak yatim piatu di sekitar kampus, memberikan bantuan kepada mahasiswa berprestasi melalui program bidik misi, juga memberikan santunan kepada tenaga honorer menjelang Idul Fitri,” kata Nurul memberikan uraian.

Bagaimana kontribusi alumni kepada FH Unair? “Alhamdulillah banyak sekali! Sangat luar biasa. Beberapa alumni membantu mengembangkan kampus, merenovasi ruangan kampus. Menyumbang fasilitas pembelajaran, meja kursi dan alat alat pengajara,” tambah Nurul.
Alumni, kata Nurul, juga membantu pengembangan kurikulum. 

“Kami melakukan redesain kurikulum dibantu oleh mereka dan stake holder lainnya. Juga membantu pengajaran. Kembali ke kampus untuk mengajar. Sebagai dosen tamu dan dosen yang ahli di bidangnya,” tegasnya.

Suasana silaturahmi dan berbuka bersama Fakultas Hukum Universitas Arlangga, di hotel Santika Primier, Surabaya, Sabtu (25/5).

Para alumni diminta untuk mengajar dan men-share ilmunya kepada mahasiswa, sehingga semakin menambah ilmu bagi para mahasiswa. Berapa jumlah almuni yang direktur untuk mengajar? 

“Banyak! Tahun lalu sekitar 40 orang kembali ke kampus,” tuturnya.
Status mereka sebagian sebagai dosen tamu dan dosen tetap, “Jika mereka itu bekerja di bidang pemerintahan atau pejabat negara. sulit untuk melepas pekerjaan sehari-hari, sehingga mereka jadi dosen tamu,” katanya menambahkan.

Ia berharap kerja sama antara FH Unair dengan para alimni semakin ditingkatkan, “Saat kita imbau kembalilah ke kampus mereka bersedia, selain itu acaa-acara almuni ini juga untuk bernostalgia. Kami bisa mengingat masa lalu agar berbahagia, hidup menjadi senang bertemu para handai taulan,” kata Nurul. (*/ps)


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM