Maret 21, 2019

APBD RP 3 Triliun, Usulan Pembiayaan Rp 30 Triliun

Edward Azran. (baharsikki/kk)
KUTIM, KABARKALTIM.CO.ID- Sesuai hasil Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Februari 2019 terhimpun banyak beragam item usulan dari warga yang sangat butuh realisasi pembangunan di lingkungan mereka masing-masing. Setelah dihitung-hitung, usulan program kegiatan dari masyarakat dalam Musrenbangcam nilai pembiayaan memerlukan dana sebanyak Rp 30 triliun.
Sementara kata Kepala Bappeda Edward Azran, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kutim 2020 ditaksir Rp 3 triliun. Kalau membandingkan usulan pembangunan dari warga dengan APBD, maka perlu waktu 10 tahun untuk memenuhi usulan warga tersebut. Dengan catatan, rata-rata APBD Kutim tiap tahun senilai Rp 3 triliun.

Ini sudah pasti ada warga yang kecewa. Karena usulan mereka ada yang tidak terakomodir dalam pembiayaan pembangunan yang uangnya bersumber dari APBD. Paling dari usulan itu, yang bisa terlaksana hanya sekira sepuluh persen saja,” jelas Edward Azran usai rapat konsultasi publik di Gedung Serbaguna, Kompleks Prerkantoran Bukit Pelangi, Senin (18/3/2019).
Kutim yang memiliki luas 35.747, 50 kilometer persegi di dalamnya ada 18 kecamatan, 139 desa, serta 2 kelurahan yang kini memiliki jumlah penduduk per tahun 2018 sebanyak 423.508 jiwa. Dengan kondisi geografis, sosial budaya maka Kutim masih sangat membutuhkan dana pembiayaan pembangunan yang cukup banyak.
Karena Pemkab Kutim lanjut Edward Azran menyadari keterbatasan APBD, maka tiap usulan dari masyarakat akan dirasionalisasikan mana usulan prioritas, dan mana usulan non prioritas. Tim verifikasi usulan mesti bekerja profesional, agar realiasi pembangunan di tengah warga betul-betul tepat sasaran, dan dilakssanakan secara bertahap. Dalam Musrenbang tingkat kabupaten, Maret 2019 ini, semua usulan akan difilter, mana usulan yang perlu segera ditindaklanjuti, dan mana usulan yang dipending. (baharsikki)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM