Februari 14, 2019

Jamkesda Dihapus, Warga Miskin Siapa yang Tanggung?

Dokter Bahrani. (baharsikki/kk)
KUTIM, KABARKALTIM, CO.ID-  Dalam rapat koridnasi dipimpin bupati Kutim, Kepala Dinas Kesehatan dr. Bahrani menyatakan, Jamkesda (Jaminan Keshatan Daerah, Red) tidak ada lagi. Sementara warga Kutim  yang tergolong miskin sebahagian  belum terdaftar sebagai peserta penerima Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

“Warga miskin yang belum terdaftar sebagai peserta JKN, siapa yang tanggung pembiayaannya bila mereka sakit,” tanya Bahrani di ruang Meranti, Kantor Bupati Bukit Pelangi, Senin (11/2/2019).


Lanjut Bahrani, warga Kutim yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN tercatat 286.892 jiwa dari total penduduk  sekira 400.000 jiwa lebih. Artinya, baru 77 persen terkaper JKN. Masih ada 18 persen yang belum terkaper guna memenuhi target nasional 95 persen. Kutim merupakan salah satu daerah di Kaltim yang belum mencapai target nasional soal JKN.

Untuk mencapai target nasional terkait pendataan JKN tersebut, maka pemkab melakukan upaya verifikasi data bagi pegawai berstatus Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D),  mengintensifkan komunikasi dengan karyawan perusahaan.Pegawai TK2D yang sudah ditanggung, tidak perlu lagi dicatat sebagai peserta penerima JKN. 

Akurasi data sangat penting, karena warga tidak mampu sama pegawai TK2D rencana iuran JKN disubsidi pemrintah. Iuran JKN bagi  TK2D rencana ditanggung pemkab Kutim. Itu sesuai amanah undang-undang, pemerintah kabupaten selaku pemberi kerja, maka sudah pasti pemkab menanggung pembayaran iuran. 

Persoalannya, berapa besar iuran yang harus ditanggung pemkab? TK2D ada yang sudah berumah tangga. Apakah hitungan JKN TK2D disamakan dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS), ini yang masih dikaji. Sampai pertemuan diakhiri, belum ada kepastian penangung biaya pasien miskin non JKN. (baharsikki)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM