Januari 15, 2019

Museum Samarendah Segera Dibuka untuk Umum

Selasa, 15 Januari 2019

Samarinda, KABARKALTIM.CO.ID -- Pemerintah Kota Samarinda segera membuka untuk umum Museum Samarendah di Jalan Bayangkara Samarinda, Kalimantan Timur pada Februari 2019.

Kepala Bidang Sejarah dan Tradisi Dinas Kebudayaan Samarinda Slamet Diyono di Samarinda, Senin, mengatakan pihaknya tengah mempersiapkan acara pembukaan museum untuk umum pada 25 Februari 2019.

Ilustrasi: Salah satu tari Dayak Kalimantan Timur "Papatai",  juga disebut "Tari Perang" (Foto: Indonesia Tourism)


"Kami akan bekerja sama dengan Balai Pameran Cagar Budaya dan akan mengelar pameran," kata Slamet Diyono, Senin (14/1/2019), seperti dilansir dari Antara.



Museum Samarendah sudah lama tidak berfungsi, meski telah diresmikan oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak sejak 8 Februari 2018.

Saat itu, gedung yang dibangun dengan dana APBD Kota Samarinda senilai Rp12 miliar tersebut masih dalam tahap pemeliharaan dan sejumlah desain interiornya masih belum rampung.

Slamet membeberkan bahwa semua benda bersejarah yang menjadi cikal bakal berdirinya Kota Samarinda itu, seperti foto-foto masa lampau, alat musik tradisional, alat tenun, patung berbusana sarung khas Samarinda, dan sejumlah prasasti akan menjadi koleksi Museum.

"Memang koleksi kami masih belum banyak dan kami berusaha untuk menambah koleksi seni dan benda bersejarah lainnya, untuk memperkaya khasanah budaya Samarinda," katanya.

Ia menjelaskan museum juga telah dilengkapi dengan sejumlah perangkat teknologi, yakni layar monitor untuk menampilkan foto-foto atau dokumen sejarah yang bisa diakses secara digital.

"Ada delapan layar monitor besar yang akan memberikan kemudahan bagi para pengunjung untuk melihat sejumlah koleksi yang ada di museum," katanya.

Ia mengatakan bahwa pihak pengelola museum juga telah mengatur jadwal bagi para pengunjung, untuk menghindari membludaknya kunjungan.

"Kami telah membagi jadwal dalam satu pekan, baik untuk pelajar, anak-anak atau pun pengunjung umum, supaya mudah ditertibkan," kata Slamet. (mx)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM