Januari 14, 2019

Harga Sawit Anjlok, Petani Milih Bakar TBS

TBS Teluk Pandan (baharsikki/kk)
KUTIM, KABARKALTIM. CO.ID- Petani sawit rugi lantaran harga Tandang Buah Segar (TBS) turun Rp 300,- per Kilogram (Kg) dari Rp 1.100/Kg. Sebagian petani memilih membakar TBS-nya dari pada menjual dengan harga murah.
Kami jual dengan harga murah. Kami tetap rugi. Besar biaya produksi dari pada harganya jualnya. Bahkan pedagang pengumpul pun ada yang tak mau membeli TBS. Karena pedagang juga merasa rugi,” kata warga Teluk Pandan.

Dijual keperusahaan pun, perusahaan enggak mau menampung (membeli). Lantaran perusahaan sawit juga merasa rugi akibat jatuhnnya harga crude palm oil (CPO) dunia. CPO kalau disimpan lama tahunan ngak apa-apa. Cuma perusahaan juga memiliki keterbatasan tangki timbun. Sehingga mau tak mau petani harus menanggung rugi.
Perusahaan sawit kesulitan menampung CPO. Karena perusahaan pun hitung-hitung hingga menahan CPO-nya untuk dijual ekspor. Karena mereka merugi kalau menjual CPO dengan harga saat ini,” kata pegawai Dinas Perkebunan Kutim, Gani, yang mengurusi petani mitra perusahaan ketika ditemui di Kantor Bupati Bukit Pelangi, Senin (14/1/2019).
Perusahaan membatasi menambung TBS para petani, karena ada aturan bila CPO dijual ke luar negeri harus ada jaminan dokumen tertulis, bahwa sumber TBS itu bukan dari dalam kawasan hutan. Kalau Teluk Pandan, itu masuk dalam kawasan Taman Nasional Kutai (TNK). Sehingga wajar kalau perusahaan sawit tidak membeli TBS dari dalam Kawasan Budidaya Hutan (KBK).
Kalau ketahuan sumber TBS dari dalam KBK, dan itu dibeli, maka perusahaan bisa kena denda seratus lima puluh miliar rupiah. Itu sesuai undang-undang kehutanan,” jelas Gani.
Petani sawit yang belum bermitra dengan perusahaan, memang kesulitan menjual TBS-nya. Kalau petani yang sudah bermitra, TBS-nya tetap ditampung perusahaan dengan harga kesepakatan. Akibat anjloknya minyak sawit dunia, Pemkab Kutim kehilangan penghargaan dari sektor perkebunan. (baharsikki)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM