Januari 27, 2019

Jembatan Telen Habiskan APBD Kutim Rp 61,5 Miliar

KUTIM, KABARKALTIM.CO.ID- Awal 2018 Bupati Ismunandar memulai pekerjaan proyek
Tinjau proyek jembatan Telen. (baharsikki/kk)
pembangunan jembatan Telen ditandai pemamcamgan tiang perdana. Proyek tahun jamak (multiyears) 2017 -2021 senilai Rp 61,5 miliar dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kutim.
Kamis sore (24/1/2019) ketika Camat Edy Sofyan mendampingi kru Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kutim melihat dari dekat pekerjaan proyek jembatan Telen oleh PT. Cahaya Kemangan Mahakam selaku pemenang tender. Tampak di sana terlentang beberapa tiang pancang, tumpukan batu krikil, pasir, pondasi, moleng, serta dua tiang besi berdiri tegak di sungai.

Tiang pancang yang akan dipasang di tengah-tengah sungai masih berada di Berau. Belum di angkut ke sini,” kata Edy Sofyan yang diiyakan Kepala Desa Muara Pantun Armia.
Pembangunan jembatan Telen yang sangat didambakan masyarakat itu waktu pekerjaan terhitung selama 720 hari kalender berdasar Nomor Kontrak : 620/240.a/PEMP.JBT.TELEN/KT-BM/XII/2017 dengan konsultan PT Genta Prima Pertiwi. Pekerjaan proyek sudah berlangsung setahun. Namun tahap pekerjaan baru sebatas pengecoran rangka besi pondasi di sebelah sungai. Di sebelahnya belum ada tanda-tanda dikerjakan. Panjang jembatan kurang lebih 200 meter.
Yang menarik kata Armia, tanah milik warga yang kena proyek jembatan Telen di wilayah Desa Muara Pantun dibeli menggunakan uang Alokasi Dana Desa (ADD) senilai lebih dari Rp 200 juta dibayar secara bertahap terhitung 2009 -2016.
Ukuran tanahnya di sebelah sini panjang 150 meter dengan lebar 15 meter. Kalau yang di seberang ukuran tanahnya panjang 200 meter dengan lebar 28 meter,” sebut Armia.
Jembatan tersebut nantinya kalau sudah jadi akan mempelancar arus transportasi menghubungkan Desa Muara Pantun – Desa Muara Halok.
Sebelum jembatan Telen difungsikan masyarakat bila hendak menyeberang sungai hanya menggunakan perahu (ponton) berbayar. Kalau 1 unit sepeda motor disewa Rp 10.000, dan kalau mobil sewanya lebih dari Rp 10.000. Penyeberangan menggunakan jasa ponton untuk sepeda motor dan mobil lokasinya terpisah. (baharsikki)


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM