Januari 27, 2019

Desa Persiapan Masih Menyusu pada Induknya

Pengukuhan Pjs Kades Big Jalung. (baharsikki/kk)
KUTIM, KABARKALTIM. CO.ID- Dua Kepala Desa (Kades) persiapan dengan status pejabat sementara (Pjs) dikukuhkan terpisah Bupati Ismunandar di wilayah Kecamatan Muara Wahau dan Kecamatan Kongbeng dalam kunjungan kerja ke Pedalaman, Kabupaten Kutai Timur.
Susanthy dimandatkan selaku Pjs. Kades Persiapan Jabdan berdasar Surat Keputusan Bupati Ismunandar Nomor : 141.1/K.684/2018 tertanggal 26 Desember 2018. Pengukuhan Susanthy dilangsungkan di Balai Pertemuan Umum Jabdan, Kecamatan Muara Wahau, Jumat (25/1/2019). Selanjutnya, Pjs. Kades Miau Baru Utara Big Jalung dikukuhkan di atas panggung utama Lapangan Sepak Bola, belakang Kantor Kecamatan Kongbeng dalam rangkaian acara Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), Sabtu (26/1/2019).

Segala biaya yang timbul akibat ditetapkannya keputusan bupati Kutim ini dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melalui anggaran pendapatan dan belanja desa masing-masing.
Desa persiapan belum memiliki anggaran tersendiri. Tapi dananya masih menempel atau menyusu
Hiburan tari krecek Jabdan. (baharsikki/kk)
pada desa induk. Untuk itu, jalin komunikasi yang baik antara desa persiapan dengan desa induk agar pembangunan terus berjalan sebagaimana mestinya,” tegas Ismunandar usai pengukuhan.
Desa induk, lanjut bupati Kutim, tidak perlu merasa kehilangan bila mendukung dana pembangunan di desa persiapan secara rutin selama desa yang dimaksud belum definitif. Paling tidak, tiga tahun berturut-turut. Kalau Desa Jabdan dan Desa Miau Baru Utara sudah definitif, maka digelar Pemilihan Langsung Kepala Desa (Pilakdes) secara demokratis. Kalau desanya sudah definitif maka sudah pasti punya anggaran tersendiri untuk dikelola.
Penetapan desa persiapan sebagai bentuk upaya dalam mewujudkan percepatan pembangunan mulai dari pinggiran. Ini sesuai nawaicita presiden Repbulik Indonesia. Dan, bersinergi dengan visi misi Gerakan Pembangunan Desa Mandiri Terpadu (Gerbang Madu). Dengan demikian, sudah ada 150-an jumlah desa dan 2 kelurahan di Kutim. Masing-masing 139 desa, serta beberapa desa persiapan yang dalam kurun waktu dekat Pjs-nya dikukuhkan. Pjs. Diambil dari aparatur sipil negara. (baharsikki)



Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM