Januari 17, 2019

Jalan Ranpul - Sangatta Nyaris Putus

Jalan Ranpul- Sangatta longsor. (baharsikki/kk)
KUTIM, KABARKALTIM. CO.ID- Kondisi jalan sepanjang tiga puluhan kilometer penghubung Sangatta – Rantau Pulung (Ranpul) sehaggian besar tiap tahun kualitasnya semakin meningkat. Ada yang diaspal, ada yang tahap pengersan, serta ada pula yang berdebu dan berlumpur. Namun pada titik- titik tertentu masih ada jalan rusak berlubang dan longsor.
Lubang jalan lumayan banyak. Aspal jalan sebagian sudah rusak. Yang memprihatikan adalah longsoran dekat venue arum jeram Porprov. (Pekan Olahraga Provinsi, Red) VI/2018. Di sana kondisi badan jalan sudah longsor sedalam 180 centimeter. Kendaraan hanya bisa melintas di bahu jalan pengerasan sebelah kiri dari arah Sangatta.

Ketika awak jurnalis Persatuan Wartawan Indonesia Kutai Timur (PWI Kutim) melintasi jalan longaor itu, pemburu berita menyempatkan diri mengabadikan foto jalan longsor tersebut. Pemilik mobil nomor polisi KT 2583 RG bernama Suwartono mengharap, perbaikan jalan longsor tersebut segera dikerjakan. “Lebih cepat dikerjakan lebih baik. Jangan dibiarkan tambah rusak,” pintanya di dekat jalan longsor, Rabu (16/1/2019).
Apalagi waktu sekarang sedang tiba musim penghujan. Kalau jalan longsor itu lambat ditangani perbaikannya, maka sudah pasti longsorannya makin melebar. Air hujan bisa mengikis habis bahu jalan yang masih tersisa. Meskipun pengguna jalan harus hati-hati. Jangan jalan ini putus baru diperbaiki.
Terpisah, Camat Rantau Pulung Mulyono mengatakan, jalan Ranpul –Sangatta, itu merupakan jalan kabupaten yang satu-satunya jalan darat waktu tempuh sejaman. “Setahu saya, itu jalan kabupaten,” ucapnya.
Kondisi jalan Sangatta Ranpul lanjut Mulyono sudah agak baik ketimbang tahun-tahun sebelumnya.
Sedangkan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Aswandini mengaku siap melaksanakan peningkatan kualitas jalan Ranpul- Sangatta. Khususnya, yang sedang rusak itu. “Kalau Bapeda setuju. Kami siap saja. Kalau kata camat Ranpul sudah lumayan bagus. Kalau Bapeda oke, jalan itu segera kami perbaiki lebih bagus lagi,” tukasnya. (baharsikki)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM