Januari 27, 2019

Harga Anjlok, Petani Sawit Muara Pantun Tidak Rugi

Armia (tngah) di depan kantornya. (baharsikki/kk)
KUTIM, KABARKALTIM. CO.ID- Mungkin hanya petani Desa Muara Pantun tidak rugi di tengah kondisi harga Tandang Buah Segar (TBS) sawit anjlok. Kenapa ? Kata Kepala Desa Muara Pantun Armia, karena warganya menjalin kerjasama dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit.
Atas kesadaran dibawah binaan pemerintah, warga Desa Muara Pantun membentuk koperasi berbadan hukum. Dari Koperasi Pantun Jaya dan Koperasi Gapoktan bermitra dengan PT Tapian Nadengan. Kerjasama kemitraan kebun plasma ini, warga setempat sudah merasakan manfaatkannya.

Penghasilan warga yang sudah berhasil kebun sawit plasmanya rata-rata dua juta rupiah per bulan,” sebut Armia di aula Kantornya, Kamis (24/1/2019).
Luas wilayah Desa Muara Pantun 12.000 hektare persegi. Kebun sawit plasma lebih dari 600 hektare, dan yang sudah berbuah, produksi seluas lebih dari 200-an hektare. Harga TBS Rp 1.100 atau Rp 1.200 per kilogram. Kalau umur sawit di atas lima tahun dijual Rp 1.200 per kilogram. Kalau umur sawit di bawah 5 tahun maka harga TBS-nya Rp 1.100,- /kilogram
Jadi harga TBS di Muara Pantun, Telen tetap stabil, meskin harga TBS di daerah lain terjun bebas,turun tajam,” jelasnya.
Jadi warga Desa Muara Pantun lanjut Armia, 75 persen dari 2 ribu lebih penduduknya bekerja di sektor perkebunan kelapa sawit. Ada yang bekerja sebagai karyawan di perusahaan, dan 25 persen bekerja di non perkebunan kelapa sawit.
Sebelum perusahaan perkebunan kelapa sawit investasi di wilayah Kecamatan Telen, Kabupaten Kutai Timur, masyarakat setempat mengaiz rizeki mencari rotan di hutan untuk dijual, dan hasilnya digunakan biaya menyambung hidup. Itu tahun 1960-an. Tahun 1970-an silan, ada perusahan kayu PT Kiani Lestari beroperasi di wilayah Telen dan Batu Ampar. Pasca kayu, masuklah perusahaan perkebunan kelapa sawit. “Adanya perkebunan kelapa sawit ini, betul-betul membawa berkah bagi kami untuk meningkatkan ekonomi,” tambah Kepala Adat Sahabudin. (baharsikki)


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM