Desember 10, 2018

Agus Halim Pimpin Karang Taruna Balikpapan Kota

Kerja Sama Pihak Swasta dan Pemerintahan, Memajukan Masyarakat Perkotaan


Temu Karya Karang Taruna Kecamatan Balikpapan Kota (andi/kabarkaltim)
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Agus Halim resmi terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Karang Taruna (Katar) kecamatan Balikpapan Kota dalam Temu Karya Karang Taruna Kota yang diadakan di kantor Kecamatan Balikpapan Kota, Minggu (9/12/2018). 

“Ini sebuah amanat yang harus saya pertanggungjawabkan,” kata Agus saat ditemui di lokasi acara. 

“Berorganisasi merupakan salah satu syariat agama karena bisa berkumpul dan berinteraksi. Secara konstitusi ini adalah amanah dari Undang-undang Dasar (UUD) tahun 1945,” ujarnya. 

Menurut Agus, pemimpin yang sukses dan berwawasan negara, kebangsaan dan agama yang baik adalah seorang pemimpin yang pernah berinteraksi dengan banyak manusia. 


Agus Halim
“Nilai akademis siapapun dan gelar sarjana apapun, tanpa mempunyai pengalaman berinteraksi dengan manusia tidak akan sempurna manakala menjadi pemimpin. Karena konotasi nilai akademis akan disempurnakan manakala manusia itu banyak berinteraksi dengan banyak orang. Tidak akan mampu berinteraksi tanpa melalui organisasi,” tegasnya. 

Agus menyampaikan bahwa Karang Taruna merupakan sebuah pengabdian masyarakat yang harus kembali dihidupkan, karena itulah sebagai Ketua Karang Taruna Balikpapan Kota dirinya mengharapkan kerja sama semua kader Karang Taruna dan semua pihak untuk kemajuan Kota Balikpapan. 

Dirinya mengatakan, bahwa kepengurusan Karang Taruna yang dipimpinnya ke depan dijadikan jembatan antara pemuda di kecamatan itu dengan seluruh komponen terkait. 

“Kami akan menjadi jembatan antara Karang Taruna kelurahan dengan Pak Lurahnya masing-masing, ataupun pihak kecamatan dalam berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan kepemudaan,” terang dia. 

Agus yang merupakan seorang pengusaha dan memulai usahanya sebagai pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Balikpapan Permai ini memiliki impian program dimana nantinya para kader Karang Taruna memiliki keterampilan wirausaha dan enterpreneurship, sebab di kawasan Balikpapan Kota ini banyak yang bisa digarap oleh para pemuda untuk menjadi sumber penghidupan. 

Karena itulah nantinya Karang Taruna banyak mengadakan kerja sama dengan pihak swasta maupun pemerintahan dalam melakukan pemberdayaan dan berkarya untuk memajukan masyarakat perkotaan. 

Apalagi posisi Karang Taruna Balikpapan Kota ini berada di pusat jantung Kota Balikpapan dan juga pusat perniagaan sehingga Karang Taruna pun dituntut untuk bisa andil dalam kemajuan kota. 

Dalam kesempatan itu, Camat Balikpapan Kota Asfiansyah mengatakan, ke depan dirinya berharap baik Karang Taruna Kecamatan Balikpapan Kota maupun Karang Taruna Kelurahan dapat sama-sama bersinergi untuk mendukung pembangunan di setiap Kelurahan khususnya di Kecamatan Balikpapan Kota. 

“Dengan program di pemerintahan dapat digunakan untuk kegiatan masyarakat, termasuk kegiatan kepemudaan,” kata Asfiansyah.  

Menurutnya, saat ini peran Karang Taruna sangat dibutuhkan, khususnya dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat membangun, seperti pengembangan kreativitas, kewirausahaan dan sektor lainnya. 

“Khususnya kegiatan yang dapat meningkatkan semangat warga untuk sama-sama membangun kota,” tambah dia. 

Selain itu, ia juga mengatakan peranan karang taruna juga sangat dibutuhkan untuk dapat menjaga suasana agar tetap kondusif, sebab saat ini tidak jarang terjadi peristiwa yang tidak diinginkan, seperti pertengkaran yang berawal dari perselisihan para pemuda. 

“Tentu juga dengan kerja keras untuk kesejahteraan bersama, sesuai dengan visi dan misi karang taruna,” ujarnya. (are)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM