Selasa, 23 Oktober 2018

Menikmati Perjalanan Darat ke Bali (5)


oleh : Andy Ar Evrai

BERADA di Bali ternyata tidak menghalangi kegiatan salat untuk yang beragama Islam, meskipun Bali mayoritas warganya beragama Hindu, tetapi cukup mudah untuk mencari masjid di pulau ini. Seperti masjid Al-Ihsan yang berada di gerbang masuk kawasan hotel Sanur ini, sangat mudah dijangkau oleh mereka yang ingin melaksanakan sholat saat wisata di Pantai Sanur sehingga kondisi ini sangat membantu warga Muslim untuk melaksanakan ibadah. 

Menariknya masjid yang bisa menampung ratusan jamaah ini dibangun tanpa dinding yaitu cukup dengan bangunan terbuka saja. Bangunan masjid Al-Ihsan ini meskipun tidak berdinding tapi kondisinya sangat bersih dan terlihat mewah. Yang menarik tentunya saat berada di masjid, angin sepoi-sepoi bertiup ke dalam masjid sehingga membuat udara dalam masjid terasa segar dan sejuk, hal ini membuat bangunan masjid ini menjadi bangunan yang hemat energi karena tidak perlu menggunakan AC untuk menyejukkan masjid tersebut. 

Menurut pengelola masjid, meskipun masjid ini tanpa dinding tapi perlu ada kejadian maling yang mencuri peralatan masjid atau mencuri isi kotak infak. Dengan kondisi masjid yang tanpa dinding ini membuat masyrakat bisa 24 jam untuk beribadah termasuk untuk masyarakat yang kemalaman di jalan bisa mampir ke masjid untuk bermalam. 


Konsep bangunan masjid tanpa dinding ini sebenarnya bisa ditiru di daerah lain sehingga masjid pun bisa lebih terbuka dan kapan saja masyarakat mau beribadah bisa dilaksanakan di masjid tersebut. Tetapi kalau masjidnya terkunci tentu masyarakat yang ingin beribadah pun tidak bisa. Semoga konsep bangunan masjid tanpa dinding ini bisa diterapkan di tempat lain. (*)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM