Minggu, 21 Oktober 2018

Menikmati Perjalanan Darat ke Bali (3)

oleh : Andi Ar Evrai (jurnalis kabarkaltim.co.id)

Penulis dengan latar belakang Sungai Badung
PEMERINTAH Kota Denpasar saat ini sedang menggalakkan program wisata sungai dengan menata seluruh sungai yang ada di Kota Denpasar menjadi lebih menarik dan nyaman buat wisatawan. 

Salah satu sungai yang sedang ditata adalah Sungai Badung yang berada di tengah Kota Denpasar. Di kanan-kiri sungai ini dibangun pedestarian beton sehingga bisa menjadi tempat jalan-jalan dan berekreasi bagi masyarakat dan wisatawan yang datang ke Bali. 

Konsep penataan sungai ini sepertinya mencontoh konsep penataan sungai Shane di Perancis dimana di kanan kiri sungai dibangun beton memanjang untuk pejalan kaki. Penataan sungai di Denpasar ini selain mempercantik kawasan sungai juga untuk mengantisipasi banjir karena luapan air sungai saat musim hujan. 


Kondisi sungai ini setelah ditata memang terlihat menarik, di beberapa lokasi dibuatkan tempat-tempat duduk untuk bersantai ria. Meskipun sungai ini sudah ditata tetapi kebersihan airnya belum terwujud karena kondisi air masih kotor dan bau. 

Maka menjadi tugas pemerintah setempat untuk membuat sebuah kebijakan dalam menjaga kehersihan. Apalagi di beberapa titik, ada pasar tradisional yang berada di tepi sungai. Meskipun demikian penataan sungai ini telah mengubah wajah kota Denpasar menjadi lebih menarik. Sepertinya pemerintah kota Balikpapan perlu meniru program penataan sungai yang telah dilaksanakan di Denpasar. (*)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM