Sabtu, 06 Oktober 2018

Distribusi Logistik hingga Pemulihan Trauma : Polda Kaltim Kerahkan Polwan dan Anggota Bhayangkari

Rombongan Polda Kaltim salurkan bantuan logistik ke posko bantuan. (Petobo, Palu Selatan)

PALU, KABARKALTIM.CO.ID - Dipimpin Wakapolda Kaltim, Brigjen Pol Lukman Wahyu Hariyanto rombongan anggota Bhayangkari dan puluhan Polwan Polda Kaltim yang tiba (04/10/2018) malam akhirnya mulai melakukan distribusi logistik ke beberapa titik posko pengungsian di Palu.

Tugas kemanusiaan tersebut menjangkau beberapa titik, seperti di kawasan Petobo, Lagaruntu, dan Sigi. "Utamanya posko pengungsiaan yang masih minim bantuan logistik kita kerahkan di sana," ungkap Brigjen Pol Lukman usai mendistribusikan logistik di kawasan Lagaruntu.


Satu per satu logistik berupa bahan pokok seperti beras, minyak goreng,
mie instan, air mineral dan biskuit diturunkan dari truk dan diserahkan ke panitia posko bantuan, warga yang menyaksikan pun nampak tersentum lebar. "Alhamdulillah... terima kasih Pak polisi. Bantuan ini sangat berharga buat kami karena di sini masih kurang sekali bantuan yang masuk. Entah saya tidak bisa berkata banyak lagi, dan baru pertama ini di sini polisi datang menyerahkan bantuan. Saya kira mau berjaga-jaga saja," ungkap Nana warga pengungsian di kawasan Lagaruntu dengan mata berkaca-kaca menahan tangisnya.

Wakapolda Kaltim, Brigjen Pol,
Lukman Wahyu Hariyanto ajak bermain
Anak-anak korban gempa dan tsunami
Disalah satu posko pengungsian
Di sela-sela pendistribusian tersebut ada kegiatan menarik dilakukan oleh rombongan Polda Kaltim. Terutama di kawasan Lagaruntu, puluhan hingga ratusan bocah nampak terlihat riang tertawa dan bernyanyi, lantaran para Polwan dan anggota Bhayangkari ini mengajak mereka bermain. Dalam momen tersebut Wakapolda Kaltim pun juga terlihat semangat mengajak anak-anak ini untuk bercanda dan bermain, bahkan kerap menyanyikan beberapa lagu-lagu kebangsaan.

"Ya... kami tidak hanya menyalurkan bantuan logistik saja. Tetapi ada hal terpenting lainnya, yakni membantu memulihkan trauma (trauma healing), khususnya anak-anak dan para ibu dimulai dengan membangkitkan semangat mereka lagi," jelas Brigjen Lukman.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kaltim, Kombespol Ade Yaya Suryana menyebutkan, jumlah rombongan sebanyak 53 orang, di antaranya, 39 Polwan dan anggota Bhayangkari. 

"Ada 9 polisi laki-laki dan sisanya para pejabat utama Polda Kaltim," kata Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Ade Yaya Suryana di Mapolda Sulteng.

Sebelumnya, Polda Kaltim juga telah mengirimkan pasukan Brimob sebanyak 200 orang atau 2 kompi, Senin (1/10/2018) lalu. Dimana mereka berfungsi untuk melakukan pengamanan dan evakuasi.

Seperti diketahui sebelumnya, gempa berkekuatan 7,7 skala richter (SR) dan disusul Tsunami menerpa Sulawesi Tengah. Tiga kota paling terdampak yakni Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Kabupaten Sigi. Akibatnya ribuan rumah penduduk dan infrastruktur lainnya porak poranda, serta ribuan warga ditemukan tewas. (day)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM