Senin, 03 September 2018

Dosen Stiper Belum Gajian

KUTIM, KABARKALTIM.CO.ID- Tujuh puluh dosen ditambah 22 pegawai Sekolah Tinggi Ilmu
Suasana rapat senat t Stiper Angkatan XIII. (baharsikki/kk)
Pertanian (Stiper) Sangatta mengurut dada bersabar menunggu gajinya dibayar dalam kurun waktu yang belum ditentukan.
Dosen Stiper dan pegawai administrasinya belum gajian,” beber Rektor Stiper Prof. Juraemi dalam rapat senat terbuka luar biasa di Gedung Serbaguna, Kompleks Perkantoran Bukit Pelangi, Senin (3/9/2018).
Kendati, Juraemi tidak menyebutkan berapa bulan anak buahanya belum digaji. Namun dia berharap gaji dosen dan pegawainya segera dibayarkan. “Gaji dosen dan pegawai Stiper biasanya semua dibayar dari Pemkab Kutim,” kata Juraemi.

Sambil menunggu gajian, civitas akademik Stiper tetap berjalan normal seperti biasa. Stiper kini sudah punya 51 dosen tetap, dan 19 dosen tidak tetap dari berbagai dari berbagai perguruan tinggi. Dosen yang mengajar di Stiper 43 sarjana strata dua (S-2) atau magister, dan 8 sarjana strata tiga (s-3) atau doktor.
Dari limapuluh satu dosen tetap, masih ada duapuluh enam yang belum sertifikasi. Mereka ini hanya mengandalkan gaji dari Pemkab,” aku Juraemi di hadapan undangan dan wisudawan.
Selanjutnya, dosen yang sudah sertifikasi mendapat uang tambahan sebesar gaji dalam satu bulan. Uangnya dari pemerintah pusat (APBN), bukan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kutim.
Mendengar hal di atas, Bupati Ismunandar menyatakan, kurangnya pembiayaan dalam proses pembangunan, ini merupakan masalah nasional. Sewaktu Februari 2016 ada pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih. Tahun 2016 ada pemotongan anggaran pembangunan Rp 1,5 triliun. Pemotongan anggaran Rp 1,5 triliun dari Rp 3,4 triliun oleh pemerintah pusat berimbas pada kurangnya APBD Kutim.
Sementara, pekerjaan program sudah ada yang jalan. Untuk membayar pekerjaan proyek yang sudah jalan tadi, Pemkab harus putar otak dengan cara melakukan pinjaman alias hutang. Untuk membayar hutang-hutang, maka kegiatan yang lain ikut terganggu. Termasuk lambatnya pembayaran gaji para dosen. (baharsikki)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM