Agustus 25, 2018

Stop Distribusi dan Produksi IPAM Km 8 : 50% Pelayanan PDAM Terganggu

BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Dampak tidak mengalirnya distribusi air dalam sepekan ini terutama di Balikpapan Barat seperti Kampung Baru Ujung, daerah perbukitan atau gunung dan daerah lembah diakibatkan kapasitas produksi air yang diolah PDAM mengalami penurunan yang cukup signifikan. Yang biasanya Instalasi Pengolahan Air Minum Km 8 Batu Ampar mengolah air di kisaran 1.800 M3/jam menjadi 1.560 M3/jam atau kurang lebih 240 M3/jam mengalami penurunan. 

Selain itu kerusakan yang terjadi beberapa minggu yang lalu menambah turut tidak maksimalnya distribusi air kepelanggan seperti kerusakan Dan kebocoran pipa air baku akibat terjadinya water hammer, kemudian pelaksanaan perbaikan serta pergantian mekanikal elektrikal pada pompa produksi dan kerusakan pergerakan pipa PDAM di lokasi jalan longsor Soekarno Hatta Km 5. 


Itulah daftar permasalahan dalam beberapa minggu lalu yang dihadapi PDAM Kota Balikpapan. Dan saat ini pun ditemukan kembali 2 kerusakan pada jalur produksi dan jalur distribusi PDAM, dimana terjadi kerusakan di produksi adalah adanya kebocoran pipa air baku pada jalur Tee Y yang menghubungkan pipa diameter 700mm ke diameter 500 mm steel. 

Kemudian kerusakan pada distribusi adalah teridentifikasinya pipa bocor yang berada di samping depan gerbang pintu masuk perumahan Bukit Nirwana. Dari permasalahan itu semua dipastikan 50% distribusi pelayanan air bersih Kota Balikpapan akan terganggu, terutama pelanggan yang dilayani dari Instalasi Pengolahan Air Minum Km 8 Batu Ampar.

Mengingat kerusakan ini bersifat darurat, PDAM Kota Balikpapan akan melaksanakan perbaikan Jumat, 24 Agustus 2018 pukul 13.00 Wita s/d elesai (target pekerjaan 1 X 24 jam, lebih cepat lebih baik), dengan 2 lokasi kegiatan di antaranya pergantian Pipa Tee Y di Km 12 dan pipa distribusi Jl. Soekarno hatta Km 5 depan perumahan pintu masuk Bumi Nirwana. 

Suryo Hadi Prabowo, selaku humas dan mewakili PDAM Kota Balikpapan, menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas kondisi PDAM saat ini, yang mana masyarakat khususnya pelanggan yang berada di daerah perbukitan, jauh dan daerah lembah mengalami tidak maksimalnya distribusi air di beberapa minggu ini. 

Sampai saat inipun permintaan air tangki PDAM cukup tinggi, pengantaran disesuaikan dengan antrean dan pesanan dari pelanggan, silakan masyarakat atau pelanggan menghubungi posko tangki di SMS no 081224505222 atau dapat juga langsung mengunjungi posko tangki PDAM di Jl MT Haryono depan Kantor Disdukcapil. 

Selain itu Suryo juga menyampaikan kepada para pengguna jalan kendaraan roda dua atau empat agar berhati-hati dalam melintasi Jalur jalan Soekarno Hatta Km 5, yang akan mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas yang cukup panjang, dikarenakan perbaikan pipa distribusi di depan pintu masuk perumahan Bumi Nirwana. (*/benny) 

Daerah Gangguan Instalasi Pengolahan Air Minum Batu Ampar Km 8 : RSS Damai III, Komp.PGRI Damai III, Perum Kopri, Perum PT.HER Mandiri, Komp.Perusda, Komp. Bumi Sepinggan Baru, Komp.PLN Spala, Villa Damai Indah, Perum Depsos Ringroad, Perum. WIKA, Komp. Pemda BB, Boster AMD sungai Ampal, Perum H.Ruslan Gn.Guntur, Perum.Pelabuhan GnGuntur, Gn. SMD Strat I s/d Strat VI, Jl. Pattimura, Jl.Kp.Timur, Jl.Wonorejo, Jl. Sumber Rejo, Jl. Kr.Rejo s/d gg.Buntu, Gg.Rohani, Km 09 Komp.AD, KM08, Komp. Klaus Reppe, Komp.Bangun Reksa, Perum PDAM, Perum.Graha Indah, Perum Bhumi Nirwana Indah, sebagian perumahan Daun Village, Perum.Adi Guna Unggul, Perum Mandastana, Perum Batu Ampar Lestari, Perum.R amayana, Jl.Brantas, Komp.Perumnas, Jl.Telindung, Jl.Padat Karya,Inpres I s/d IV, Perum.Somber, Jl. Gn.Satu, Jl.Gn.Empat, Jl.Gn.Bugis, Asrama Bukit, Sidomulyo, Kp.baru Ujung, Jumpi, Sidodadi, Jl.Borobudur, Kamp.Baru lir, Gn. Polisi, seluruh aliran dari IPAM BATU AMPAR.
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM