Selasa, 28 Agustus 2018

SMKN 4 Balikpapan Gelar Pelatihan Teaching Factory

                                                                           
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.D-SMKN 4 Kota Balikpapan mengadakan pelatihan teaching factory, suatu model pembelajaran berbasis produk (barang/jasa) melalui sinergi sekolah dengan industri untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan. Pelatihan berlangsung di aula SMKN 4, Selasa (28/8/2018).  

Industri meningkatkan kesiapan kerja, menyelaraskan kompetensi dan membangun berkarakter kerja lulusan SMK sesuai tuntutan dunia usaha dan industri, melalui proses pembelajaran berbasis produk/jasa (rekayasa perangkat pembelajaran) yang diselenggrakan di lingkungan, suasana, tatakelola dan aturan standar DUDI atau tempat kerja/usaha sebenarnya. Hal ini diungkapan kata narasumber pelatihan  PSMK Junardi kepada media ini

Mujadi
Sementara Kepala SMKN 4 Mujadi menambahkan, model pembelajaran teaching factory mempunyai 3 (tiga) komponen, yaitu produk sebagai media pengantar kompetensi,  job sheet yang memuat urutan kerja dan penilaian sesuai dengan prosedur kerja standar industri.
  
Serta pengaturan jadwal belajar yang memungkinkan terjadinya pengantaran softskill dan hardskill ke peserta didik dengan optimal. 
Setiap kompetensi keahlian yang ada di SMK dapat menerapkan teaching factory melalui 3 komponen tersebut,” ucap Mujadi di ruang kerjanya.

“Maka sesuai karakter dalam model pembelajaran teaching factory, peserta didik harus diberikan pendampingan untuk dapat belajar dan bekerja secara mandiri dan berkelompok untuk menghasilkan suatu produk (barang/jasa) berkualitas dalam jadwal belajar yang telah ditentukan, dengan menggunakan materi pembelajaran yang disusun selaras dan diintegrasikan dengan nilai–nilai industri, akteristik dan kompleksitas masing-masing,” tandas Mujadi. (beny)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM