Selasa, 07 Agustus 2018

Kemarau Tiba, Waspadai Musibah Kebakaran

TNK terbakar dijepret pukul 1340 Wita, Selasa (7/8/2018). (baharsikki/kk)
KUTIM, KABARKALTIM.CO.ID- Selasa pagi (7/8/2018) di Makodim Dandim 0909 Sangatta Letkol Inf Kamil Bahren Pasha menyatakan, beberapa hari lalu ditemukan dua titik api di wilayah Kecamatan Muara Wahau. Dua titik api tersebut sudah diatasi. Sehingga di Kutim tidak ada lagi titik api saat ini.
Kendati, untuk sementara Kutim aman dari titik api tersebut. Bukan berarti, wilayah Kutim tidak berpotensi terjadi musibah kebakaran. Musibah kebakaran bisa saja terjadi, kapan dan di mana. Kita tidak mengetahui pasti. Untuk itu, perlu waspada terhadap musibah kebakaran. Bukan hanya bagi TNI-AD tapi semua elemen masyarakat.
Di Kutim ini, meski musim kemarau. Tapi, kadang masih ada juga hujan turun,” jelas Kamis Bahren Pasha.
Dandim 0909 Sangatta tak mungkin melarang warga untuk membakar, khususnya bagi pekebun yang sedang membuka lahan pertanian. “Saya pernah mendapati warga membakar lahannya di kisaran Jalan Poros Bontang- Sangatta. Saya tanya, kenapa dibakar?. Kata warga, kalau tidak dibakar. susah dibersihkan untuk ditanami.,” ungkapnya.
Dari alasan warga itu, Dandim 0909 Sangatta bijak menyikapinya. “Baik, tapi membakar lahan ditunggui biar apinya tidak meluas. Dan, pastinya apinya sudah padam baru ditinggal,” ajak Kamil Bahren Pasha.
Api memang sangat diperlukan dalam kelangsungan hidup manusia. Api kecil bisa bermanfaat, tapi api besar bisa merusak. Api yang tidak terkendali dipastikan menimbulkan kerugian materil maupun non materi.
Seperti yang terjadi di kisaran Kilometer 14 Jalan Poros Bontang-Sangatta sekitar pukul 13.00 Wita, Selasa (7/8/2018) kemarin. Si jago merah melalap semak belukar yang sebagian reerumputan dan dedauan mengering. Ketika wartawan KabarKaltim melintas, api makin meluas, dan belum ada upaya pemadaman dilakukan di sana. Pekebun yang dekat dengan lokasi kebakaran tampaknya santai sibuk pada urusannya. Seolah-olah tak mau peduli. Sementara, kobaran api sudah menggundul lahan seluas sekira lapangan futsal. (ri)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM