Juni 05, 2018

Kebersamaan Buka Puasa Bersama di Masjid Al-Mibarak Klandasan Ilir


Kebersamaan di Masjid Al-Mibarak Klandasan Ilir (andi/kk)
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Ada tradisi unik dan menarik selama bulan puasa Ramadan 1439 H yang dilaksanakan oleh warga di lingkungan Masjid Al-Mubarak Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota. 

Dimana masyarakat setiap harinya rutin mengadakan buka bersama di masjid tersebut. Dari orang tua, remaja, anak-anak, dengan penuh persaudaraan mengadakan buka bersama dengan menyantap menu hidangan yang telah disiapkan pengurus masjid. 

Menu yang disediakan sederhana yaitu segelas teh manis, nasi putih dengan sayur dan lauk yang selalu berganti setiap harinya, dan juga kerupuk. Untuk masakan ini ternyata dimasak oleh kaum ibu secara bergantian setiap harinya. 


“Kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan sejak beberapa tahun lalu,” kata H Mujiono-Ketua RT 40 Klandasan Ilir yang juga pengurus Masjid Al-Mubarak. 

Menurut Mujiono untuk makanan, semuanya berasal dari sedekah warga, ada juga warga yang sengaja menyembelih kambing untuk akikah kemudian setelah dimasak dimakan bersama-sama saat berbuka puasa. 

Karena memberi makan orang yang berbuka puasa pahalanya sangat besar dari Allah SWT. Terlihat kekompakan warga saat melaksanakan buka bersama ini, dari kaum ibu yang menata masakan di piring-piring yang telah disediakan, kemudian anak-anak remaja mengantar piring yang sudah berisi lauk tersebut kepada warga yang sudah menunggu di dalam masjid. 

Begitulah kekompakan warga menunjukkan eratnya persaudaraan di antara mereka. Begitu azan Maghrib berkumandang, maka warga pun serentak berdoa dan menyantap hidangan buka puasa yang telah disediakan. 

Meskipun masakan yang disediakan sederhana tetapi warga pun menikmatinya dengan penuh antusias. 

“Inilah kelebihannya kalau makan bersama-sama terasa nikmatnya,” kata H Kamuriadi salah seorang warga sambil menyuap sesendok nasi lengkap dengan lauknya. (are)
Baca Juga :

1 komentar:

  1. Sipp ..untuk menjalin kerukunan dan kekompakan antar warga

    BalasHapus


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM