Kamis, 05 April 2018

Tumpahan Minyak akan Berpengaruh pada Tangkapan Nelayan

Nurhadi Saputra (bram/kk)
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Untuk pertama kali terjadi kebocoran pipa milik Pertamina hingga terjadi tumpahan minyak di perairan Teluk Balikpapan, Minggu (1/4/2018). Tumpahan minyak tersebut telah menyebar hingga pantai Teluk Balikpapan dan mendorong masyarakat  untuk ikut terjun membersihkan tumpahan minyak tersebut. Kasus ini  yang pertama bagi Pertamina,  tetapi meresahkan bagi masyarakat ke depannya.

Akibat musibah tersebut ada beberapa nelayan tidak bisa melaut, yakni nelayan Balikpapan Barat belum maksimal turun melaut. Untuk Nelayan Balikpapan Timur masih ada yang melaut.
 

Anggota DPRD Balikpapan dari pemilihan daerah Balikpapan Timur, Nurhadi Saputra menuturkan, kondisi nelayan  di Balikpapan Timur belum berpengaruh, hasil tangkapan ikan masih stabil.
 


Nurhadi mengingatkan,  secara umum tumpahan  atau pencemaran minyak di laut dapat mengakibatkan terganggu atau rusaknya ekosistem laut. 

Saat tumpah ke perairan, minyak  dapat terapung, tenggelam larut dan menguap di perairan. 


"Saat terapung, penyebaran akan lebih luas karena dipengaruhi oleh arus dan angin, sedangkan akan mengendap menutupi sedimen dasar perairan. Kehadiran minyak akan menggangu ekosistem belum terlihat, tapi dua bulan dan tiga bulan ke depan berpengaruh besar hasil tangkapan ikan bagi nelayan,"  jelas Nurhadi-politisi dari PPP. (ahe)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM