Senin, 23 April 2018

Pilgub Kaltim, Berpotensi Golput Bertambah


Warga Kutim. (bahrsikki/kk)
KUTIM, KABARKALTIM.CO.ID- Kepala Badan Kesatuan Pembangunan dan Politik Abdul Kader mengatakan, pada pemilihan gubernur (Pilgub) Kaltim yang dijadwalkan pencoblosan pada 27 Juni 2018  serentak  di 17 dari 34 provinsi se-Indonesia. Khusus untuk Kutim calon pemilih berpotensi banyak masuk katergori golongan putih (Golput).

Alasannya, kata Abdul Kader, penduduk Kutim yang tersebar di 18 kecamatan, yang sudah terdata sebagai peserta Pilgub, tempat tinggal mereka banyak yang jauh dari arena tempat pemungutan suara (TPS). Jarak rumah mereka dengan TPS, ada satu sampai dua kilometer lebih. Dan, ini memerlukan adanya mobilisasi penduduk dari rumah ke TPS. Perlu ada mobil khusus untuk para calon pemilih.


“Bantuan alat transportasi pada hari H pencoblosan, gunanya mengantisipasi bertambahnya Golput,” harap Abdul Kader dalam laporan lisan ketika rapat koordinasi di Kantor Bupati Bukit Pelangi, Senin (23/4/2018).

Selain itu,  lanjut Abdul Kader,  potensi Golput juga dimungkinkan bertambah sebagai pengaruh adanya penghelatan akbar  sepakbola piala dunia. “Kalau tidak salah, pada saat malam pencoblosan,  nantinya yang main Prancis atau Inggris. Ini  tim bakal seru. Dan pasti banyak yang begadang,” terangnya.

Hal tersebut disikapi bijak pula Bupati Ismunandar. Menurutnya,  pada pencoblosan pesta demokrasi lima tahun tingkat Pilgub Kaltim. Sepertinya bersamaan dengan liburan sekolah. Dan, juga liburan hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah. Biasanya, penduduk Kutim ada yang mudik. Ada yang ke pulau Jawa, dan ada pula yang ke Sulawesi. Mekipun liburan panjang Idul Fitri tidak sampai pada hari pencoblosan, tapi biasanya warga menambah sendiri waktu liburnya.

“Untuk itu, sebaiknya, warga Kutim yang sudah terdaftar sebagai peserta pemilih. Jangan lupa kembali  untuk menyalurkan suaranya pada Pilgub mendatang. Hari libur jangan ditambah lagi,” harap Ismunandar optimisitis. (baharsikki)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM