Minggu, 22 April 2018

Merasa Diperlakukan seperti Napi, WNA Pencari Suaka Mengamuk

Fasilitas Rudenim Balikpapan Dirusak 


WNA pencari suaka di Rudenim Balikpapan (dayat/kk)
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Ratusan warga negara asing (WNA) yang menghuni Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Balikpapan, Jumat (20/4/2018) malam, mengamuk. Mereka merusak beberapa fasilitas Rudenim, seperti CCTV, kamar dan taman. 

Ketegangan  149 WNA berasal dari negara konflik Timur Tengah, karena stres merasa diperlakukan sebagai tahanan dari tindakan kejahatan pidana murni lainnya. Beberapa ada yang sudah menghuni lebih dari 3 tahun, dan tidak ada interaksi keluar. 

Aksi protes mereka, banyak disampaikan lewat coretan-coretan di atas kertas. Mereka ingin diperlakukan selayaknya manusia pencari suaka karena di negara asal seperti Afganistan selalu terjadi konflik. 


Aksi protes lewat coretan di Rudenim Balikpapan (dayat/kk)
"Beberapa waktu lalu sepakat memindahkan kami di Rudenim kota lain, seperti Jakarta, Makassar. Di sana pencari suaka diperlakukan seperti manusia. Diperbolehkan interaksi dengan luar, dan tidak dikurung seperti penjara," kata Ahmad Ghazali, pencari suaka asal Afghanista. 

Sementara Kepala Rudenim Balikpapan,  M Irham Anwar mengatakan, pihaknya telah mengajukan usulan pemindahan para imigran pencari suaka ke beberapa daerah, namun hingga saat ini belum ada jawaban dari pusat. 

Jika melihat jumlah, sudah mengalami banyak pengurangan. Sebelumnya mencapai  300 orang lebih, saat ini tersisa 149 orang. 

Ketegangan dan kericuhan oleh WNA, akhirnya dapat diredakan, setelah ratusan anggota Kepolisian dikerahkan.  "Kami kerahkan sebanyak 180 personel, baik dari Polri, TNI hingga petugas BPBD Kota Balikpapan. Mereka tak ingin diperlakukan seperti napi, ingin diperbolehkan berinteraksi dengan dunia luar," kata Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta. (dayat)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM