Rabu, 14 Maret 2018

Tim Gabungan Temukan 8 Pipa Ilegal


Sulton : PDAM Bentuk Satgas Air di Setiap Kecamatan

Petugas mengecek meteran air
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Pencurian air maupun fasilitas distribusi air milik PDAM khususnya di kawasan pemukiman atas air Balikpapan Barat, sudah pada tahap meresahkan. Berawal dari keluhan masyarakat Rabu (14/3/2018) tim gabungan melakukan investigasi di Jalan Letjen Suprapto RT 10, 11 dan 44, elurahan Baru Tengah.
Kepala Bagian Hububungan Pelanggan PDAM Sulton SE mengatakan, modus pencurian air dengan menyambung pipa ke jaringan pipa milik PDAM, dir disedot dan digunakan tanpa tercatat di meter air
Sehingga tak ada pembayaran ke PDAM. Hal ini jelas merugikan perusahaan PDAM  serta mengganggu kelancaran distribusi ke pelanggan,” jelas Sulton kepada kabarkaltim di ruang kerjanya, Kamis(15/3/2018).  

Sulton
Sementara itu, dalam invetigasi tersebut, tim gabungan mendapati delapan sambungan ilegal. “Selain menggunakan pipa ilegal, kami juga menemukan potongan, pelubangan dan pencurian pipa maupun fer-rule. Akibatnya, air laut tersedot dan ikut masuk ke dalam pipa,” tegas Sulton.
Kembali dijelaskannya, banyak pelanggan mengeluhkan debit air yang mengalir ke rumahnya sangat kecil .Hal itu tak lepas dari banyaknya pipa-pipa ilegal yang mencuri air di kampung atas air.
 
Untuk melacak pencuri air tersebut, PDAM nantinya membentuk Satgas Air. Mereka disebar ke beberapa lokasi yang dicurigai ada pemasangan sambungan pipa ilegal. Petugas itu bakal mengecek dan menelusuri orang yang memasang  sambungan pipa tersebut tanpa izin PDAM,” terang Sulton
Saya harap, ada satgas di tiap-tiap RT, karena pencurian di kawasan kampung atas air memang meresahkan. Banyak warga kehilangan pipa maupun penutup meteran,” harapnya.
Sulton kembali menambahkan, langkah yang diambil PDAM, melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat sekitarnya. Serta memberikan imbauan dan pengertian kepada pelanggan tentang distribusi air yang terhambat. Selain itu, pihaknya akan meminta dukungan masyarakat agar membantu PDAM.
Seharusnya memang segera mungkin dilakukan penertiban.Tapi sementara ini, kami lakukan survei dan pemetaan terlebih dahulu. Kami juga harap masyarakat mendukung program PDAM untuk pembenahan pipa dan dapat menjaganya. Saling berkoordinasi agar tidak ada lagi pencurian,” tandas Sulton. (beny)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM