Jumat, 16 Maret 2018

Kunjungan Kerja Bapenda Kaltim Wilayah PPU ke Samsat Kulonprogo (2)

Layanan Serba Online, Permudah bagi Wajib Pajak  


Dipimpin langsung Plt Kepala UPT Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kalimantan Timur wilayah Penajam Paser Utara (PPU) Suyoso Nantra SSos MM, rombongan berjumlah empat orang melakukan kunjungan kerja ke Samsat Kulonprogo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Banyak hal diserap dalam kunker tersebut. Muaranya adalah inovasi dan terobosan baru khususnya dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan kemajuan daerah itu sendiri. 

Suyoso Nantra dan Bagiya Rakhmadi
KANTOR Pelayanan Pajak Daerah (KPPD) Kabupaten Kulonprogo pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Daerah Istimewa Yogyakarta, memang patut ditiru inovasi-inovasi dan terobosannya dalam memaksimalkan pendapatan asli daerah (PAD).  Karena itulah Suyoso Nantra dan rombongannya, menyerap ilmu dan inovasi yang dilakukan KPPD Kulonprogo yang dikepalai Bagiya Rakhmadi SH MM.

Kunjungan ke salah satu ruang di Samsat Kulonprogo
Salah satu dari banyak keunggulan yang ada, yakni kesemua sistem kerja menggunakan layanan online. Hal itu mempermudah wajib pajak (WP) dalam melakukan pengurusan. Seperti sistem barcode, dengan sistem ini memudahkan dan mempercepat pelayanan, terpenting pula meminimalisir kesalahan kerja, penginputan data identitas pun sangat mudah. 
Untuk memanjakan wajib pajak, berbagai fasilitas disediakan di Samsat Kulonprogo. Seperti taman bacaan dengan ragam buku bacaan, ruang laktasi, termasuk disediakan ruang khusus bagi perokok.  
"Kami di sini ada 195.000 wajib pajak, itu terkecil dari kabupaten/kota di DIY. Di Kulonprogo ada 12 kecamatan, kami sediakan Samsat Desa, Samsat Keliling. Ada pembayan via BPD. Termasuk mengingatkan wajib pajak jika jatuh tempo melalui layanan SMS," beber Bagiya. 
"Di wilayah pinggir atau perbatasan, kami buka Samsat Desa, yaitu di Temon dekat bandara baru Yogyakarta, dan Samsat Kalibawang. Makin memudahkan bagi masyarakat selaku wajib pajak," urai Bagiya. (bersambung) 
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM