Sabtu, 17 Maret 2018

"Persiapan UNBK SMAN 9 Balikpapan 100 Persen Aman"


Wahyudi : Tiap Tahun Menambah 26 Komputer


Wahyudi
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) merupakan sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. 

Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online. Kepala SMAN 9 Balikpapan Wahyudi SPd mengatakan, pihaknya dalam rangka persiapan UNBK aman tidak ada masalah.

“Sudah 100 persen siap dari sarana prasarana guna pendukung UNBK nantinya, harapan kami pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer pada tahun 2018 dapat bisa berjalan lancar,” kata Wahyudi.  

Kami optomis bisa melaksanakan UNBK tahun ini dengan lancar. Apalagi sudah kesekian kalinya kami menggelar ujian CBT (computer based test) ," imbuh Wahyudi kepada media kabarkaltim lewat WhatsApp, Jumat(16/3/2018).  
 
Persiapan yang dilakukan sekolah untuk melaksanakan UNBK 2018, menurutnya sejauh ini sudah mencapai100 persen dengan jumlah perangkat komputer yang dimiliki cukup memadahi dan server yang digunakan semuanya sudah baik.
 
Ia menyebutkan jumlah siswa peserta UNBK pada tahun ini sebanyak 267 orang yang akan dibagi dalam tiga shif, untuk komputer pendukung 105 unit dengan 4 server utama.

“Sebenarnya jumlahnya masih relatif sedikit dibanding SMAN lainnya, tapi kami punya rencana tiap tahum nambah 26 komputer,” ucap Wahyudi.

Dengan pelaksanaan UNBK tentu peserta akan lebih mandiri dan jujur, secara operasional juga lebih efektif dan hemat karena ongkos produksi kertas untuk PBT (peper based test) bisa ditekan.

"Meskipun persiapan UNBK siap, yang kami kwatirkan pada saat UN berjalan tiba-tiba listrik padam itu salah satu penghambat pada saat UN berjalan,” tegasnya.

Wahyudi juga mengatakan satu bulan lalu CSR Trankindo Utama Balikpapan mulai menengok dan mempercayakan palet untuk diolah oleh siswa jadi prakarya, serta menyumbangkan seperangkat alat pertukangan manual dan listrik.  (beny)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM