Senin, 15 Januari 2018

Pendidikan Karakter Sangat Penting bagi Anak

Resmikan SDN 04 Filial (baharsikki/kk)
SANGATTA, KABARKALTIM.CO.ID- Sekretaris Dinas Pendidikan Roma Malau mengapresiasi perjuangan guru, kepala desa bersama warga Desa Martadinata, Kecamatan Teluk Pandan atas kepedulian terhadap perkembangan dunia pendidikan di wilayah setempat. Melalui upaya kerja nyata semua pihak terkait, dibentuklah filial SDN 04 Teluk Pandan guna mendekatkan layanan pendidikan pada masyarakat.


Komunitas tenaga pendidik. (baharsikki/kk)
Selasa (16/1/2018) siang Sekretaris Dinas Pendidikan Kutim resmi membuka operasi SDN 04 Filial yang berlokasi satu kawasan dengan Kantor Desa Martadinata. Pendidikan karakter sangat penting bagi anak. Itu bukan hanya menjadi tanggungjawab para guru sekolah, tapi juga meruppakan tanggungjawab orangtua. “Waktu anak bersama orangtua lebih lama ketimbang waktu belajar di sekolah.  Ayo ajak anaknya giat beribadah. Ajak salat berjamaah. Ajak ke gereja. Untuk mengenal Tuhan,” imbuh Roma Malau.

Terkait tambahan bangunan gedung, silahkan dimasukan dalam Musrenbangdes, Musrenbang kecamatan. Mudah-mudahan Pemkab Kutim punya dana untuk membangunan ruang belajar baru. Atau gunakan dana Corporate Social Responsibility (SCR) perusahaan “Karena membuka unit sekolah baru, perlu ada enam ruang belajar. Untuk kelengkapan administrasi perlu segera dilengkapi,” tandas Roma di dengar Kades Aji Moeng, Kepala SDN 04 Rustam, Kepala SDN 01 Sahmi, Kepala UPTD Pendidiikan Teluk Pandan Syahrani, para guru, serta orangtua murid.

Selanjutnya, Aji Moeng menyatakan, kawasan perkantoran desanya punya lahan 2 hektare yang merupakan milik bersama. Di lahan tersebut  bukan lagi masuk kawasan Taman Nasional Kutai (TNK), tapi sudah diubah statusnya menjadi APL (Areal Penggunaan Lain, Red). Untuk digunakan membangun secara bertahap fasilitas layanan seperti gedung sekolah, perkantoran, gedung serbaguna, PAUD, dan fasilitas penunjang lainnya.

“Kami memahami keadaan  keuangan sekarang. Untuk itu, perlu bersabar. Lingkungan di sini, kami ingin asri, nyaman. Disdik perlu ikut pikirkan kemajuan pembangunan di sini,” tendas Aji Moeng.

Gedung beton atap multiroof cat warna putih dipadu kuning, hijau SDN 04 Filial saat ini, terdiri
Lantai rusak SDN 04 Filial (baharsikki/kk)
dari 3 ruang belajar dilengkapi toilet. Proses pembelajaran sudah dilaksanakan pasca peresmian. Karena menurut Syahrani, SDN 04  Filial, nantinya dijadikan SDN 06 bila sudah memiliki 6 ruang belajar. Saat ini, baru ada  kelas ! sebanyak 29 murid, dan kelas 2 sebanyak 24 murid. Sehingga jumlah 53 murid  telah memenuhi syarat dijadikan sekolah filial. Untuk pengembangan fasilitas kedepan diperlukan adanya surat  bukti hibah penggunaan lahan.

Dari perjalanan waktu, sesungguhnya bangunan ini sudah jadi kurang lebih 2 tahun lalu. Tapi, belum difungsikan. Lantaran, awalnya ingin dijadikan SDN 06 Teluk Pandan.Namun ruang belajarnya masih kurang.. Sehingga belum memenuhi syarat. Sementara lantai teras bagian timur belakang sudah ada yang bolong. “Akhirnya, berkat koordinasi semua pihak, gedung ini difungsikan. Karena gedung tidak digunakan, juga rusak. Digunakan juga bisa rusak,” jelasnya.. (baharsikki)


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM