Selasa, 02 Januari 2018

Aspirasi DPR, Kasriah di Distanak Kutim Rp 875 Juta

Alat perontok padi. (baharsikki/kk)
SANGATTA, KABARKALTIM.CO.ID-  Dinas Pertanian dan Peternakan Kutai Timur (Distanak Kutim)  mendapat dana aspirasi dari anggota DPR RI, politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kasriah senilai Rp 875 juta tahun anggaran 2017.

Dana aspirasi tersebut disalurkan dalam bentuk barang berupa alat dan mesin pertanian (Alsinta). Insya Allah tahun 2018 ini dana aspirasi dari pusat untuk Kutim bertambah nilainya. Bantuan aspirasi DPR yang dikelola Kementerian Pertanian, ada yang nilainya Rp 50 juta  hingga Rp 475 juta. Itu disalurkan  ke kelompok tani, bukan untuk perorangan. Programnya, berupa bantuan kebun bibit rakyat, dan pengembangan kawasan rumah tanaman lestari.

Traktor 4 roda. (baharsikki/kk)
 "Di Komisi IV DPR RI ada berjumlah 60 orang dari berbagai partai politik. Di sana kami berjuang untuk mendapatkan dana dengan bertemu Dirjen Pertanian. Alhamdulillah saya bisa menyalurkan bantuan untuk kelompok tani di Kutim," kata anggota DPR RI Kasriah sesaat menyerahkan simbolis Alsinta kepada  kelompok tani yang ditunjuk, di halaman Kantor Distanak Kawasan Pusat Perkantoran Bukit Pelangi, Rabu (3/1/2018).

Selanjutnya, Kepala Distanak Sugiono menyebutkan, bantuan Alsinta  dari anggota DPR RI Kasriah  terdiri dari 4 jenis. Yaitu, pertama, tractor 4 roda senilai Rp 250 juta diterima Kelompok Tani Setuju Jaya Sangatta Selatan.  Gapoktan Berkah Bersatu  Kaubun, Piyanto terima traktor tangan.  Serta lima lagi unit tracktor tangan kepada 5 kelompok tani yang tersebar di Kecamatan Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Sandaran dan Rantau Pulung. Harga tracktor tangan tersebut senilai Rp 30 juta per unit. 

Berikut, bantuan 3 unit Combine Harvester (mesin perontok padi). Harga mesin perontok padi Rp 145 juta per unit. Karena mesin perontok padi ada 3 unit maka nilainya Rp 420 juta.  Yang diserahkan kepada Gapoktan Rapak Sejahtera, Kaubun diketuai Putu Pudarka. Kepada Kelompok Tani Pandan, Kecamatan Teluk Pandan yang Ketuai Abdul Samat. SertaKepada Sukri, Kelompok Tani Fjar Lestari, Desa  Pulung Sari, Kecamatan Rantau Pulung. Untuk bantuan mesin Power Treser Multiguna senilai Rp 23 juta diberikan Gapoktan Mitra Tani  diketuai Kadek di Desa Mata Air, Kecamatan Kaubun. (ri)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM