Senin, 04 Desember 2017

Standar Manajemen Mutu : Sanitasi, PDAM Programkan L2T2 (4-habis)




Program L2T2 PDAM Balikpapan
SELAIN memberikan pelayanan kebutuhan air bersih kepada masayrakat pelanggan, PDAM Kota Balikpapan menjalankan amanah dari Pemerintah Kota Balikpapan di bidang kesehatan, yaitu untuk program sanitasi, dimana program ini untuk masyarakat Kota Minyak  yang telah menjadi perhatian di Pemerintah Kota Balikpapan dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan jauh dari pencemaran limbah tinja.

Sejak dimulainnya Sabtu 29 April 2017, program sanitasi untuk Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) yang dilaksanakan oleh Operator PDAM Kota Balikpapan sudah diresmikan dan melayani wilayah pilot projek untuk wilayah Sepinggan dan Gunung Bahagia. 

Direktur Utama PDAM Balikpapan Haidir Effendi mengatakan, untuk awal L2T2, program ini dilakukan di dua kelurahan tersebut. Dengan pelanggan sebanyak 56 orang dari Kelurahan Gunung Bahagia. PDAM menargetkan, ke depan bisa melayani 350 kepala keluarga (KK).



"Dengan syarat yang terdata yang tangki septiknya sudah standar, ada lubang sedotnya dan punya sistem resapan sesudah tangki septik, dan kedap air sehingga tidak merembes," ujarnya kepada media ini, Senin (4/12/2017).

Dia menjelaskan, di Balikpapan terdapat 306 rumah yang memiliki lubang tangki septik. Dan 125 lainnya bisa dibuka untuk pelanggan di wilayah Pilot Projek daerah Sepinggan dan Gunung Bahagia. 

"Dan untuk tugas PDAM ke depannya, bahwa program L2T2 akan menjadi kewajiban bagi seluruh Masyarakat Kota Balikpapan,  PDAM akan segera menyosialisasikan dari rumah  ke rumah, supaya masyarakat Kota Balikpapan bisa ikut program sedot tinja ini. Serta bagi tangki septik yang belum standar, didorong agar dibuat standar," urai Haidir.

Proses penyedotan lumpur tinja akan dilakukan menggunakan dua unit mobil. Yang tiap mobilnya berkapasitas tiga kubik. Kemudian dengan selang dan jarak ke rumah terjauh hingga 10 meter akan disedot dan ditampung mobil tangki sementara. 

"Tiap rumah disedot 1,5 kubik. Jadi dua unit mobil bisa melayani empat rumah yang berdekatan," paparnya.

Penyedotan tiap rumah, lanjutnya, dilakukan empat tahun sekali dengan dikenakan tarif secara dicicil. Yakni selama 48 bulan pembayaran. Dan per bulan dikenai biaya sementara dihargai sekitar Rp 9.500-/perbulan. 

"Jadi nanti ada dua tagihan. Tarif air minum dan tarif air limbah," kata Haidir kembali.

Dia menambahkan, bagi yang ingin mendaftarkan rumahnya bisa langsung menghubungi PDAM Balikpapan. Kemudian dilakukan survei lokasi. Bila tangki septik sudah standar maka akan dimasukkan dalam daftar. 

"Kalau mau disedot tinggal lapor ke PDAM,". 

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Balikpapan Suryanto mengatakan, lumpur tinja dari mobil akan dibuang ke TPA Manggar. Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja Manggar telah dibuat. 17 persen lahan bisa digunakan untuk menaruh lumpur tinja bagi kedua kelurahan. Sisanya 80 persen masih akan dibangun dan ditambah lagi luasannya hingga 2019 akhir.

"Sementara lahan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT )17 persen masih bisa menampung lumpur tinja 15 kubik per hari. Nanti kami olah menjadi pupuk," ungkap Suryanto. 

Ke depan, lanjutnya, juga diwacanakan zona 1 dan 2 akan dialihkan untuk pengolahan lumpur tinja.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Balikpapan Nining Surtiningsih menjelaskan, pembangunan IPLT difasilitasi Dinas PU Kaltim dengan alokasi Rp 7,058 miliar pada tahun anggaran 2015 dan 2016. Sedangkan yang memfasilitasi perencanaan, kelembagaan hingga tarif adalah world bank, dalam hal ini water sanitation program 2014-2016.

“Kami berterimakasih kepada semua pihak, khususnya Dinas PU Kaltim yang telah membangunkan IPLT. Selanjutnya pengelola IPLT adalah PDAM Kota Balikpapan," kata Nining Surtiningsih.


Selain itu Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Manggar Kota Balikpapan melakukan survei terhadap kepuasan para pelanggan terhadap pelayanannya, survei ini akan menunjukkan kondisi nyata pelayanan air bersih PDAM kepada pelanggan di Kota Minyak selama satu tahun terakhir. 

“Hasil survei akan menjadi rujukan PDAM untuk meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat,” tegas Haidir kembali.

Untuk mendapatkan hasil objektif, PDAM menggandeng pihak ketiga untuk menggelar survei kepuasan pelanggan. Adapun sasaran atau target yang harus terpenuhi dalam melaksanakan SKP di tahun 2017, yaitu : Sangat puas : 8%, Cukup puas : 27 %, Puas : 65%. 

“Tingkat kepercayaan hasil pelaksanaan, kami menganut asas profesionalisme dengan memperhatian kualitas, kuantitas, dan kontuinitas,” katanya.

PDAM Kota Balikpapan juga mengucapan terima kasih kepada kepada para pelanggan PDAM Kota Balikpapan yang merupakan sahabat dan mitra bagi kami, mohon kiranya kesedian Pelanggan yang kami pilih menjadi koresponden untuk berkenan meluangkan waktu menilai PDAM Kota Balikpapan selama satu tahun terakhir ini dan beri kemudahan para Surveyor pada saat nanti berkunjung kerumah pelanggan PDAM, setiap pelanggan yang kami pilih sebagai koresponden setelah mengisi Kuisioner Penilaian akan PDAM berikan kenang-kenangan suvenir cantik.

"Berharap hasil penilaian dari SKP 2017, ke depannya PDAM Kota Balikpapan akan terus berkembang, sebagaimana dalam visi dan misi yang kita anut, terutama dengan memegang semangat pelayanan berkualitas prioritas kami, ini adalah ikrar dan menjadi acuan bagi seluruh pegawai PDAM Kota Balikpapan yang akan terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya pelanggan,". 

 "PDAM merupakan salah satu perusahaan yang memiliki peran yang sangat penting bagi seluruh kehidupan hajat hidup orang banyak, dimana air adalah sumber kehidupan, sebagaimana kebijakan mutu PDAM Kota Balikpapan yaitu mengupayakan kepuasan pelanggan melalui  standar mutu terbaik, handal dalam pekerjaan, prima dalam pelayanan serta melakukan pengembangan yang berkesinambungan,” jelas Haidir.

Dalam pelayanan Service After Sales buat para pelanggan PDAM Kota Balikpapan, bisa melalui call center di 0542 878991 atau 878992, sms center di 0816 200 110, atau bisa juga pelanggan langsung mengunjungi kantor pelayanan Customer Service pada hari kerja Senin s.d Kamis Jam 08.00 s.d 15.30 Wita, Jumat 08.00 s.d 10.30 Wita yang belokasi di Kantor Graha Tirta PDAM Balikpapan di Jalan Ruhui Rahayu I Balikpapan Selatan.(*/benny)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM