Sabtu, 30 Desember 2017

Masuki Tahun Politik, Suyoso Nantra : Utamakan Kepentingan Lebih Luas daripada Kepentingan Sesaat


Suyoso Nantra
SAMARINDA, KABARKALTIM.CO.ID-Menutup tahun 2017 dan memasuki tahun 2018 yang memasuki tahun politik, beberapa poin analisa disampaikan pemerhati sosial politik Suyoso Nantra yang juga penasehat kabarkaltim.co.id. 

Suyoso mengungkapkan, suatu kerugian jika kader-kader terbaik, putra-putri yang memiliki potensi dan kemampuan dan juga sarat pengalaman di birokrasi, tidak diakomodir olah pengurus pusat partai politik (parpol). 

Pada dasarnya masyarakat dan suatu daerah itu sendiri yang merasakan dampak atau kerugiannya. Suyoso mengharapkan suatu demokrasi yang terus sehat dan dewasa, jadi menilai atau melihat figur memang pada kemampuan dan pengalamannya, bukan karena kepentingan sesaat atau politik transaksional belaka. 


Suyoso mencontohkan sosok Rusmadi yang merupakan Sekprov Kaltim, sosok yang cerdas, sederhana dan punya pengalaman serta kapabilitas. "Sosok seperti itu patutnya diapresiasi parpol pusat. Jadi perlu mengutamakan kepentingan yang lebih luas, jangan hanya kepentingan sesaat belaka," tegas Suyoso Nantra, Minggu (31/12/2017). 

"Perlu diingat, daerah-daerah membutuhkan figur yang memang benar-benar mengerti akan kondisi daerahnya, paham persoalannya. Jadi kontes pilkada, adalah kontes program kerja, bukan hanya permainan elit politik atas. Karena pada dasarnya, masyarakat yang akan merasakan buah dari kepemimpinan," beber Suyoso. 

Dirinya juga mengingatkan, memasuki tahun politik pada 2018, jangan mudah terprovokasi atau menjadi pecah belah, harus selalu mengutamakan semangat persatuan dan kesatuan sebagai sesama anak bangsa. 

"Teruslah dewasa dalam berdemokrasi. Harapannya figur-figur potensi di daerah manapun di tanah air, mendapat apresiasi dan kesempatan untuk memajukan daerahnya lebih lagi," tutup Suyoso Nantra. (tim kk)



 
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM