Senin, 27 November 2017

Tiga Sumber Air Baku PDAM Tak Cukup Penuhi Kebutuhan Balikpapan


Haidir Effendi

BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Pemkot melalui PDAM Kota Balikpapan, menyatakan masih memerlukan sumber air baku, guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi sekitar 750 ribu penduduk Balikpapan. Dua sumber air baku di Waduk Manggar dan Waduk Teritip, dinilai masih kurang.

Dirut PDAM Balikpapan Haidir Effendi menyatakan, Balikpapan masih memerlukan sumber air baku lainnya. 
 
''Kalau nunggu Tritip itu nggak cukup. Memang perlu sumber air baru. Kita ini butuhnya 1.600 liter per detik. Nah, Teritip itu akhir tahun 2018 baru bisa digunakan,” kata Haidir.

Dia menjelaskan, saat ini kapasitas mampu produksi air PDAM baru sekitar 1.200 liter per detik, termasuk dari sumur dalam. Dengan operasional waduk Teritip nanti, akan bertambah 200 liter per detik.

'Nanti bangun lagi Aji Raden, sumber air 150 liter per detik tapi baru 2021. Jadi kececer. Itu semua jadi 1.600 tapi baru realisasi di 2021. Padahal kebutuhan sekarang,” ujarnya.

Kemampuan PDAM saat ini lebih membangun sumur bor. Sampai akhir tahun ini ada dua sumur bor yang baru yang dibangun.

“Mudah-mudahan airnya banyak. Paling tidak nambah 20 liter per detik,” harapnya.

Sementara, program desalinasi air laut yang sedang disiapkan Pemkot bersama PDAM, belum juga cukup menutupi kebutuhan air bersih yang setiap tahunnya meningkat. Seiring dengan pertumbuhan penduduk dan pemukiman baru. 

"Terlebih lagi, produksi air melalui program Desalinasi tahap awal hanya 50 liter per detik. Rencana awal 50 dulu. Kalau sudah beroperasi maksimal, ya tinggal kelipatan-kelipatan 50 kan cuma modul aja,” tambahnya.

Haidir juga ingin memastikan operasional desalinasi air laut baru bisa jalan, jika seluruh perizinan tuntas. Pihaknya ingin persoalan ini pastikan dari sisi peraturan, sehingga tidak menjadi kasus yang berujung penjara. (*/beny))

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM