Senin, 18 September 2017

TAMAN KOMIK NUSANTARA RAYAKAN HARI PERDAMAIAN INTERNASIONAL DENGAN PAMERAN 72 KOMIK




Endah Priyati (pendiri Taman Komik Nusantara)
Taman Komik Nusantara tampil kembali menghadirkan pameran komik bertema Hari  Perdamaian Internasional pada September 2017. Hari Perdamaian Internasional yang dirayakan setiap 21 September sudah dirancang apik dengan menggelar pameran Taman Komik Nusantara yang menampilkan 72 komik yang menarasikan dialog tema perdamaian di Pusat Kebudayaan Soka Gakkai Indonesia, Jakarta sejak 10 September 2017. 

Dalam rangka pekan Perdamaian, Endah Priyati sebagai pendiri Taman Komik Nusantara mengaku senang dan bangga memperoleh kehormatan menggelar pameran komik yang disaksikan oleh para tamu undangan terutama wakil dari 4 Kementerian, yaitu Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta Kementerian Sosial. 




Tim pengasuh Taman Komik Nusantara
Narasi besar berisi pesan “Merawat Akal Sehat Dengan Komik Kreatif” yang disampaikan oleh Taman Komik Nusantara ini memberi kontribusi positif dalam menebarkan perdamaian dunia seperti ajakan berpikir adil sehat, merangkul persahabatan, merawat kebhinekaan, menebarkan cinta kasih dan ajakan damai dari para tokoh dunia. 

Hal ini sejalan dengan upaya menciptakan generasi melek literasi sejarah yang merupakan gerakan sadar sejarah guna menumbuhkan ketertarikan minat baca, mengolah kritik sumber dan mengasah kreatifitas. Gerakan ini juga menjadi ajang dialog menarik ketika dihadirkan di depan publik dengan asuhan pengajar komik Adrianus Aditya dan komikus andalan Alan Darmasaputra.


Pameran 72 komik yang kaya akan pesan damai yang didukung oleh gambar wayang khas Nusantara ini menampilkan beragam karakter diri setiap manusia. Karakter merawat, karakter disiplin, dan karakter mencipta nilai. Nilai-nilai yang kini sangat relevan dibutuhkan oleh bangsa Indonesia adalah membumikan ajaran kearifan budaya dan perdamaian dalam keseharian. 

Anggota Taman Komik Nusantara
Dalam kebhinekaan kita sejatinya sangat kaya akan makna kearifan di balik keragaman budaya. Demikian petikan dialog yang disarikan dari beberapa komik yang dipamerkan yang lahir dari tangan kreatif seperti Lulu Rezma, Muhammad Khafid, Rosi Febrilianti, Rismala Julianti, Raflythoriq Sumaga, dan komikus berbakat lain.


“Sudah semestinya kita tidak hanya menyuarakan perdamaian tapi juga berani untuk mengambil langkah menghentikan segala bentuk kekerasan dan intoleransi. Maraknya penyebaran kebencian melalui media sosial juga perlu dihentikan. Dalam suasana hari perdamaian ini, mari hentikan konflik, tindak kekerasan dan intoleransi. Bila kita membuka sejarah bangsa Indonesia, perdamaian sudah terbukti menjadi nilai dasar dan fondasi NKRI berdiri, sehingga Indonesia yang sangat beragam atau bhinneka ini bisa terus ada sampai saat ini. Keragaman bangsa Indonesia dari berbagai latar belakang bahasa, suku, budaya dan agama, jelas merupakan energi utama kemajuan bangsa. Kebhinekaan mendorong kita bersikap toleran dan menghargai perbedaan yang melahirkan perdamaian di sekitar kita. Itulah makna penting mengapa istilah Bhinneka Tunggal Ika selalu digelorakan para pendiri bangsa ini,” tutur Endah dengan tegas.


Kegiatan positif yang diekspresikan dalam bentuk pameran komik ini penting juga sebagai salah satu wahana mempersiapkan pemimpin muda masa depan dalam menebarkan spirit cinta kasih, perdamaian dan kemanusiaan. 

Dalam hal ini relevan dengan hakikat ilmu pengetahuan dengan segala praktiknya yang menjadi alat untuk membangun peradaban bangsa menjadi lebih bermartabat. Pekerjaan terbesar sekarang ini adalah bagaimana merawat nilai budaya Nusantara, tradisi kearifan lokal dan nilai-nilai universal agama yang menebar damai. 

Nilai-nilai seperti berpikir positif, toleransi, empati dan gotong-royong tentu akan menjadi penguatan karaktergenerasi mudaagar senantiasa menggelorakan semangat perdamaian di mana saja. Ramainya partisipasi sekitar 500 undangan yang hadir memperlihatkan betapa makin banyak orang antusias berperan menebar perdamaian.


[Reportase: Tim Kabar Indonesia]

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM