Rabu, 27 September 2017

PDAM Perbaiki Pipa Air Baku

Distribusi Air  ke Pelanggan Tidak Maksimal


RABU (27/9/2017) malam PDAM melakukan perbaikan pipa air baku, hingga distribusi air ke pelanggan tidak maksimal. PDAM Balikpapan banjir keluhan dari pelanggan dalam dua pekan terakhir, suplai air bersih dari PDAM tidak maksimal dalam mendistribusikan air kepada pelanggan. 

Perlu diketahui oleh masyarakat, indikasi pertama telah terjadinya penurunan debit air baku yang dikirim menuju kedua IPAM milik PDAM baik IPAM Kampung Damai dan IPAM Km 8 dari Waduk Manggar Km 12, air baku yang dikirim tidak sebanding dengan yang diterima di masing-masing kedua instalasi. 

Jika diukur terjadi penurunan kapasitas dari kemampuan kapasitas produksi normal di kedua IPAM, ada penurunan sekitar 200 m3/jam untuk di IPAM Km 8 Batu Ampar dan 100 m3/jam untuk di IPAM Kampung Damai, kondisi ini berlangsung sudah hampir 2 minggu, sehingga secara perhitungan bahwa kemampuan kontinuitas distribusi air tidak sebanding dengan kebutuhan di pelanggan. 


Anang Fadliansyah selaku Direktur Teknik PDAM Balikpapan dalam upaya mencari permasalahan yang terjadi, terus melalukan pengecekan pada jalur pipa transmisi air baku, alhasil tim teknis menemukan lagi 2 (dua) titik kebocoran pada pipa transmisi air baku diameter 700mm steel, yang berlokasi di dalam Hutan Transad Km8 dan depan Pump House 3 di Waduk Manggar Km12. 

Anang pun menegaskan mau tidak mau, Rabu (27/9/2017) malam PDAM melaksanakan perbaikan di lokasi tersebut. Anang menyampaikan bahwa ini adalah upaya yang sedang  diusahakan untuk bisa mengembalikan stabilitas distribusi air kepada Mmasyarakat khususnya pelanggan. 

pelaksanaan perbaikan pukul 20.00 Wita-selesai (target pekerjaan 1 x 24 jam). Anang juga menambahkan bahwa secara bersamaan juga dilaksanakan penggantian check valve di Pompa PAB No 8 di lokasi Waduk Manggar Km 12 serta pemasangan mechanical steel 600mm di lokasi dekat pesantren Mardatillah Km 8. 

"Semua upaya dan strategis secara teknis kita maksimalkan sebaik mungkin, kami mohon doa dari pelanggan agar pelaksanaan ini tidak ada kendala dan bisa teratasi, sehingga kondisi Distribusi air bisa kembali maksimal," ungkap Anang. 

Haidir Effendi selaku Direktur Utama PDAM Kota Balikpapan, sangat memahami kondisi ini, sudah 2 minggu pelanggan daerah atas dan daerah jauh dari IPAM PDAM sudah mengalami lebih dahulu dampaknya, terutama pelanggan yang jam pelayanannya kurang dari 12 jam atau 6 jam, apalagi dengan kondisi kerusakan seperti ini ada daerah pelanggan yang sudah tidak mengalir sama sekali air PDAM-nya.  

Haidir juga menyampaikan Posko Tangki tetap buka pelayanan dari pukul 08.00-16.00 Wita setiap hari, sebagai jangka pendek terutama kebutuhan air yang bersifat darurat, maka silakan pelanggan menghubungi atau langsung mengunjungi posko tangki PDAM yang berada di Jl MT Haryono depan Kantor Dukcapil. 

"Mohon doanya dari pelanggan agar kendala teknis di PDAM dapat teratasi, jika kondisi air PDAM mengalir, maka segera ditampung sebisa mungkin, sekali lagi Haidir menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya atas ketidaknyamanan ini," kata Haidir. (*/benny)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM