Senin, 07 Agustus 2017

17 Agustus, Balikpapan Resmikan Desalinasi Air Laut




Haidir :Tugas Kami Mendistribusi, Bukan Membangun



Haidir Effendi
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Bertepatan 17 Agustus hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Pemkot Balikpapan akan meresmikan rencana melakukan desalinasi air laut.


Secara definisi, desalinasi air laut sebuah proses yang menghilangkan kadar garam berlebih dalam air untuk mendapatkan air yang dapat dikonsumsi makhluk hidup seperti flora dan fauna termasuk juga manusia.


Selama ini waduk yang ada di Kota Balikpapan selalu mengandalkan pasokan dari tadah air hujan dan saluran dari hulu sungai yang volume airnya kurang melimpah. "Di saat musim panas atau kemarau, bendungan dan waduk kering, tidak bisa berfungsi secara baik. Hanya mengandalkan sumber air dari bendungan adalah langkah yang kurang tepat. "Kita akan coba memakai desalinasi air laut," ujar Wali Kota Rizal Effendi. 


Mengenai hal itu, Direktur Utama Perusahaan Derah Air Minum (PDAM) Kota Balikpapan, Haidir Effendi, menambahkan, lembaganya sangat setuju bila ada pengadaan desalinasi air laut di Kota Balikpapan. 


"Kami yang bukan memodali. Saya dengar ada investor yang mau membiayai. Setuju saja ada desalinasi air laut. Kami nanti yang tugasnya mendistribusikannya, bukan yang membangun," ungkap Haidir. 


Pengalaman yang sekarang, PDAM masih mengalami pil pahit. Banyak warga yang mengajukan sambungan baru ke PDAM namun belum bisa menyanggupinya. PDAM tidak bisa berbuat banyak. Sumber air yang ada di Balikpapan sangat terbatas, tidak seimbang dengan jumlah permintaan warga yang jauh lebih besar. 


Kondisi pasokan air sekarang ini yang baru bisa terpenuhi adalah 1200 liter per detik. Padahal ideal tahun ini ditargetkan harus 1.600 liter per detik. "Sudah banyak yang mengajukan sambungan baru tapi kami belum bisa segera penuhi. Kami masih kebingungan mencari sumber airnya. Di Balikpapan sulit," tandas Haidir  (*/beny)


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM