Senin, 17 Juli 2017

Wow.., Teknologi Teleportasi akan Jadi Kenyataan, Ini Buktinya...

Ilustrasi Teknologi Teleportasi di film seri Star Trek
KABARKALTM.CO.ID - Jika ada di antara Anda masih sempat menyaksikan film seri 'science ficton' (sci-fi) atau fiksi ilmiah "Star Trek" di layar kaca hitam putih, pada sekitar tahun 1970-an, tentu masih ingat dengan mesin teleportasi diperagakan di film tersebut. Mesin teleportasi ini dapat membawa dan memindahkan benda ataupun orang dari suatu tempat ke tempat lainnya dalam sekejap.

Kini mesin teleportasi itu segera bukan lagi fiksi, tetapi itu akan menjadi kenyataan. Ternyata, dan ini tidak tanggung-tanggung, sekelompok ilmuwan asal China telah berhasil melakukan eksperimen teknologi teleportasi dari permukaan bumi ke orbit satelit sejauh 500 kilometer.

Sebagaimana diberitakan China Daily, bahwa kelompok ilmuwan itu berasal dari Universitas Sains dan Teknologi China yang melakukan eksperimen teknologi teleportasi tersebut menggunakan obyek foton, yaitu partikel dasar dalam fenomena elektromagnetik. Mereka melakukannya dalam laboraturium yang ada di Tibet ke satelit Micius yang melayang di orbit.

Nantinya satelit yang dirancang khusus buat menangkap informasi dan foton ini bakal melakukan hal sebaliknya. Jadi, kelak percobaan itu juga akan mengirim foton dari satelit ke dalam laboratorium di bumi dengan menggunakan teknologi teleportasi.

Memang, buat saat ini eksperimen ini masih bisa dibilang sederhana jika dibandingkan dengan yang ada di film-film fiksi ilimah. Namun, eksperimen permulaan yang baik ini tidak menutup kemungkinan ke depannya, tentang hal-hal di luar dari ekspektasi kita, semua akan bisa menjadi kenyataan.

Profesor Chao-Yang Lu yang memimpin eksperimen itu mengatakan kalau teleportasi dalam skala besar ke depannya akan bisa direalisasikan, dan hal itu diharapkan bisa menjadi peran kunci dalam distribusi internet kuantum. [*\maxor/kk]

Editor: Max Oroh
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM