Juli 12, 2017

Konfirmasi dari ISIS: Abu Bakr al-Baghdadi Telah Tewas

Abu Bakr al-Baghdadi di Masjid al-Nouri
KABARKALTIM.CO.ID - Dari Baghdad dilaporkan bahwa ISIS telah mengkonfirmasi bahwa pemimpin kelompok itu, Abu Bakr al-Baghdadi, benar telah tewas. Laporan ini berasal dari saluran TV Al Sumaria yang mengutip sumber di provinsi Nineveh, Irak.

Lebih lanjut sumber tersebut mengatakan, ISIS mengeluarkan sebuah pernyataan singkat di mana mereka menyatakan kematian pemimpin mereka Abu Bakr al-Baghdadi serta nama "khalifah baru" sebagaimana dikutip dari Sputniknews, Selasa (11/7/2017).

Pada 16 Juni 2017 lalu, Kementerian Pertahanan Rusia sudah mirilis pernyataan bahwa al-Baghdadi kemungkinan telah tewas dalam sebuah serangan Angkatan Udara Rusia terhadap sebuah markas komando militan di pinggiran selatan kota Raqqa pada akhir Mei.

Sedangkan pada 23 Juni 2017, Komando Operasi Inheren AS Kolonel Ryan Dillon mengatakan bahwa AS belum memiliki bukti yang meyakinkan untuk percaya bahwa Baghdadi tewas dalam serangan udara Rusia. "Namun, AS pasti akan menyambut meninggalnya al-Baghdadi, tapi kami belum memiliki bukti pasti untuk membuat kami percaya bahwa ini akurat," tambahnya.

Abu Bakr al-Baghdadi belum pernah terdengar kabarnya sejak akhir 2016 lalu. Pemimpin ISIS ini hanya pernah muncul dalam video, berbicara dengan para pendukung di sebuah masjid yang menjadi ikon di jantung kota Mosul, Masjid al-Nouri.

Kemunculannya itu terjadi pada tahun 2014, saat Baghdadi mendirikan kekhalifahan Muslim dan memproklamirkan dirinya sendiri sebagai khalifah.

Terakhir kali Baghdadi mengeluarkan sebuah pesan audio pada 3 November 2016, saat dia merilis sebuah pernyataan yang mendesak para pengikutnya untuk terus memperjuangkan Mosul.

Editor: Max Oroh
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM